Vol 2, No 2 (2022)

Desain Komunikasi Visual dan Era Transformasi Digital

Era tansformasi digital berdampak pada perubahan paradigma berpikir Desain, salah satunya, pada bidang Desain Komunikasi Visual. Tanda menjadi entitas komunikasi yang perlu dicermati secara bijak, sebab era digital menyebabkan segala kemasan informasi pada proses Komunikasi Visual "seolah-olah" diarahkan berbasis pada teknologi Komunikasi bersandar pada kekuatan Internet-of-Things. Fenomena tersebut, tentu saja serupa pedang bermata dua, akankah menjadi Eros atau Thanatos; berpotensi mempersuasi munculnya (tumbuhnya) perilaku baik, atau malah menjerumuskan pada kesalahan tafsir yang memicu pertentangan dan atau tanggalnya etika.

Demikianlah, pada terbitan kali ini, REKA MAKNA: Jurnal Komunikasi Visual masih berupaya menawarkan ruang alternatif bagi diseminasi hasil pemikiran berkaitan dengan fungsi Desain Komunikasi Visual di era digitalisasi; baik sebagai entitas komunikasi, sebuah praktik pemikiran, dan atau sekaligus, produk solutif. Ada sebuah optimisme, semoga dapat menjadi cermin yang dapat memantik lahirnya kecambah ide lainnya, dalam memutakhirkan pengetahuan Desain di antara tarik-ulur dan proses dialog Revolusi Teknologi 4.0 dan Revolusi Society 5.0.

Editor.

Table of Contents

Tiurimmanuella Pangungsiana Simorangkir, I Nyoman Larry Julianto, I Gede Mugi Raharja
PDF
70-82
Ganis Resmisari, Ranti Intan Shalsabilla
PDF
83-92
Hayya Sukmantari, Aditya Januarsa
PDF
93-100
Atikah Shoutul Ishlah, Octaviyanti Dwi Wahyurini
PDF
101-109