Desain Konten Instagram Denpost Dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Surat Kabar Pada Remaja
Abstract
Abstrak
Sekarang ini informasi semakin mudah di akses oleh berbagai kalangan luas dengan hadirnya sosial media, sedangkan media cetak koran mulai kehilangan ketenaran di era yang maju sekarang ini, seakan tergantikan oleh pesatnya kemajuan teknologi dan informasi media berita online yang sekarang dapat dengan mudah di akses dimana saja dan kapan saja. Hal ini membuat koran seolah-olah sudah kehilangan tempat di kalangan muda. di karenakan kemajuan zaman saat ini membuat seluruh Kalangan menggunakan smartphone yang mana media berita online lebih update di bandingkan media cetak koran yang hanya memuat informasi terbatas pada bagian tertentu saja. Selain itu, informasi yang di sampaikan bersifat kaku dan tidak bisa di update setiap saat jika ada perkembangan terbaru. Meskipun surat kabar masih eksis hingga saat ini, ironisnya hanya di baca oleh kalangan tertentu di karenakan beberapa faktor. Antara lain informasi yang ada pada koran bisa di pertanggungjawabkan kebenarannya, serta tata bahasa yang di gunakan cendrung baku dan mengikuti aturan jurnalistik. Maka dari itu, media penyedia informasi perlu berinovasi dan beradaptasi dengan kemajuan zaman salah satunya dengan berupaya menciptakan konten pada media sosial salah satunya Instagram sebagai perantara untuk meningkatkan minat baca kaum muda.
Kata kunci: Media Sosial, Konten, Surat Kabar.
-----
ABSTRACT
Nowadays information is more easily accessed by people with the presence of social media, while newspapers are starting to lose fame in this modern era, as if being replaced by the rapid advancement of technology and information on online news media which can now be easily accessed anywhere and anytime. This makes it seem as if newspapers have lost their place among young people. Due to the advancement of the current era, people use smartphones, where online news media are more updated than newspaper which only contain information that limited to certain sections. In addition, the information submitted is rigid and cannot be updated at any time if there are new informations. Although newspapers still exist today, ironically they are only read by certain people due to several factors. wherefore the information in the newspaper can be justified, and the grammar used tends to be standardized and follows journalistic rules. Therefore, media information providers need to innovate and adapt to the times, one of which is by trying to create content on social media, such as Instagram as an medium to increase young people's reading interest.
Keywords: social media, content, newspaper.
Full Text:
PDFReferences
Swandi, I. W., & Julianto, I. N. (2020). MAKNA PESAN VISUAL PADA MEDIA INFORMASI BERBASIS ONLINE TERHADAP PASCA PANDEMI COVID–19 DI BALI. Prosiding SNADES 2020 - Optimisme Desain Untuk Pembangunan Negeri. Surabaya.
DENPOST.id. (2021, Desember 4). Kasus Gantung Diri di Jembatan Bangkung, Korban Diduga Anggota TNI. Diambil kembali dari Instagram: https://www.instagram.com/p/CXDa3Weltt3/?utm_source=ig_web_copy_link
DENPOST.id. (2021, September 24). Polsek Padang Bai Sita Puluhan Kendaraan Tak Berdokumen Lengkap. Diambil kembali dari Instagram: https://www.instagram.com/p/CUM542ihP64/?utm_source=ig_web_copy_link
Denpost/ist. (2021). Anggota Porles Klungkung ingatkan Pengguna Jalan Tetap Disiplin Prokes. semarapura: Redaksi Denpost.
Fahmi, M. N., Indiyati, D., & Purbathi, A. (2019). Strategi Komunikasi Jawa Pos untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Muda Melalui Rubrik Zetizen. JCOMMSCI - JOURNAL OF MEDIA AND COMMUNICATION SCIENCE, Vol 2, 41 - 58. Diambil kembali dari https://www.jcomm.unram.ac.id/index.php/jcomm/article/download/30/17
Ipriyanto, I. (2021). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Menggunakan Media Komik Strip. Pedagogi : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 24–29.
Julianto, I. N. (2019). NILAI INTERAKSI VISUAL DALAM PERKEMBANGAN MEDIUM KOMUNIKASI PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Prosiding Seminar Nasional Desain dan Arsitektur (SENADA), 26-30.
Karman. (2013). RISET PENGGUNAAN MEDIA DAN PERKEMBANGANNYA KINI. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 19. doi:http://dx.doi.org/10.31445/jskm.2013.170106
Pupung, A. (2013). Persaingan Tujuh Portal Berita Online Indonesia berdasarkan. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 17. Diambil kembali dari https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jik/article/download/353/401
Sudjono, N. d. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.
Suyadnyana, I. G. (2020). TENTANG DENPOST.id. Diambil kembali dari Portal website denpost: https://www.denpost.id/
Swandi, I. W., & Julianto, I. N. (2020). Analisis Ilustrasi dan Headline pada Media Berita Online Terhadap Kesiapan Mental Pasca Pandemi Covid-19 di Bali. Peran Elemen Komunikasi Visual pada Media Berita Online Terhadap Kesiapan Mental Pasca Pandemi Covid-19 di Bali, 15.
Wahyuni, I. N. (2013). Komunikasi Massa. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Zamzami, M. F. (2014). KOMIK EDUKASI PEWAYANGAN “PUNAKAWAN†SEBAGAI KETELADANAN. CREATIVITAS, 3(2), 14. Diambil kembali dari http://eprints.upnjatim.ac.id/7082/1/Muhammad_Faisol_Zamzami.pdf
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________________________
____________________________________________________________
Published by :
Department of Visual Communication Design Institut Teknologi Nasional Bandung
Address : PHH. Mustofa street 23 Bandung 40124
Contact : Phone 7272215 Fax 7202892
Email : rekamakna@itenas.ac.id
____________________________________________________________
This journal is licensed by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.