Perkiraan Distribusi Pergerakan Penumpang di Provinsi Jawa Barat Berdasarkan Asal Tujuan Transportasi Nasional

Tri Apriliansyah, Herman Herman

Sari


ABSTRAK

Sejalan dengan meningkatnya kepadatan penduduk perkotaan, maka jumlah perjalananpun juga semakin meningkat. Apabila peningkatan tersebut tidak diikuti dengan penambahan infrastruktur, akan mengakibatkan terjadinya ketimpangan antara penyediaan dan permintaan. Untuk mengantisipasi kebutuhan diperlukan studi tentang model bangkitan dan tarikan serta model sebaran pergerakan yang terjadi di Provinsi Jawa Barat. Untuk membentuk model bangkitan dan tarikan pergerakan diperlukan data asal tujuan yang diperoleh dari data sekunder. Hasil data sekunder dianalisis dengan metode Analisis Regresi Linier untuk mendapatkan model persamaan matematis yang paling baik. Untuk membentuk model sebaran pergerakan menggunakan model Double Constraint Gravity Model (DCGR) dan metode furness. Model bangkitan pergerakan penumpang yang diperoleh dari hasil analisa adalah Y = 3918278 + 16,008 X2 (R2= 0,843), dimana X2= Jumlah Penduduk. Berdasarkan hasil uji statistik, model sebaran pergerakan menggunakan model DCGR dengan fungsi hambatan eksponensial negatif. Sehingga model yang diperoleh adalah Tid= Oi.Dd.Ai.Bd.exp(-0,014159.Cid).

Kata Kunci : Pemodelan Transportasi, Pertumbuhan penduduk, Asal Tujuan Transportasi Nasional.

 

ABSTRACT

In line with the increasing urban population density, the number of trip was also increased. if the increaseis not followed by the addition of infrastrictrure. Will result in imbalance between supllay and demand studyis needed to anticipate the model trip generation and attraction with trip distribution model that occurredin the province of west java.In order to make the model trip generation and attraction, it is needed data destination origin that is achieved from secondary data. The result of secondary data is analyzed with Linear Regression method to get the model mathematic equation that the most well. For making the trip distribution model using Double Constrain Gravity Model (DCGR) and metode Furness.  Passenger trip generation model that is got from analysis result is Y = 3918278 + 16,008 X2 (R2= 0,843), where X2 = Population Amount. According statistic test result, the tip distribution model using DCGR model with negative exponential obstacle function. Therefore the model that is got is Tid= Oi.Dd..Ai.Bd.exp(-0,014159.Cid).

Keyword : Transportation modeling, population growth, nation transportation origin destination.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26760/rekaracana.v1i1.29

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


____________________________________________________________

ISSN (elektronik) : 2477-2569  

diterbitkan oleh :

Teknik Sipil Institut Teknologi Nasional Bandung

Alamat :  Jl. PHH. Mustofa 23 Bandung 40124

Kontak : Tel. 7272215 (ext. 206)  Fax. 7202892

____________________________________________________________

Terindeks:

 

research

____________________________________________________________

Statistik Pengunjung 

Flag Counter

Lihat Statistik Jurnal

Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License