Pengembangan Perangkat Lunak Perancangan Tebal Lapis Tambah Perkerasan Lentur Metode PD T-05-2005-B Menggunakan Borland Delphi

Kamaludin Djaenudin, Muhammad Fikri Abdillah

Sari


ABSTRAK

Penggunaan lapis tambah pada perkerasan jalan adalah upaya untuk memperbaiki kondisi fungsional dan struktural, karena perkerasan jalan memiliki masa pakai yang terbatas. Seiring bertambahnya usia, kondisi jalan akan semakin buruk hingga memerlukan rehabilitasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat lunak tebal lapis tambah bernama "OVRL" dengan mengikuti pedoman Pd T-05-2005-B menggunakan metode lendutan yang melibatkan alat Benkelman Beam (BB) dan alat Falling Weigth Deflectometer (FWD) yang dibuat dengan Borland Delphi. Perangkat lunak OVRL dapat digunakan sebagai pendamping Pd T-05-2005-B untuk mempercepat proses perhitungan karena seluruh tahap perhitungan telah tersedia dalam perangkat lunak tersebut. Analisis menggunakan perangkat lunak dapat mengurangi waktu dan kesalahan manusia dalam proses perhitungan yang kompleks. Hasil perhitungan menggunakan perangkat lunak OVRL memiliki tingkat kemungkinan kesalahan yang sangat kecil dengan rentang keyakinan 95%. Ini akan membantu mengurangi kemungkinan kesalahan manusia dalam proses perhitungan.

Kata kunci: lapis tambah, perkerasan jalan, rehabilitasi, Borland Delphi, metode lendutan, perangkat lunak OVRL

 

ABSTRACT

The use of additional layers on road pavement is an effort to improve the functional and structural conditions, as road pavements have a limited lifespan. As the age increases, the condition of the road will deteriorate to the point where rehabilitation is needed. This study aims to develop the "OVRL" software for calculating the thickness of the additional pavement layers, following the guidelines of Pd T-05-2005-B using the deflection method involving Benkelman Beam (BB) and Falling Weight Deflectometer (FWD) equipment created using Borland Delphi. OVRL software can be used as a companion to Pd T-05-2005-B to speed up the calculation process because all calculation steps are available in the software. The analysis using the software can reduce time and human errors in complex calculation processes. The results of the OVRL software calculations have a very small probability of error with a 95% confidence interval estimate. This will help reduce the possibility of human errors in the calculation process.

Keywords: overlay, pavement, rehabilitation, Borland Delphi, deflection method, OVRL software


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26760/rekaracana.v9i1.1

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


____________________________________________________________

ISSN (elektronik) : 2477-2569  

diterbitkan oleh :

Teknik Sipil Institut Teknologi Nasional Bandung

Alamat :  Jl. PHH. Mustofa 23 Bandung 40124

Kontak : Tel. 7272215 (ext. 206)  Fax. 7202892

____________________________________________________________

Terindeks:

 

research

____________________________________________________________

Statistik Pengunjung 

Flag Counter

Lihat Statistik Jurnal

Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License