Jurnal menggunakan variasi email yang sudah disiapkan langsung kepada editorial dan proses penerbitan. Semua email dialamatkan kepada penerima yang pantas sebelumnya (sebagai contoh, Editor Bagian memberitahu Copyeditor bahwa copyediting untuk penyerahan sudah siap untuk dimulai). Manajer Jurnal dapat mengedit default version dari email-email tersebut (tersedia dalam Email yang telah disiapkan di halaman Administrasi Jurnal). Email-email tersebut juga bisa diedit oleh pengguna sebelum dikirim. Sistem akan secara otomatis menyertakan informasi yang relevan dan spesifik ke dalam email sebelum menampilkannya kepada pengguna untuk kemudian dikirim (sebagai contoh, judul dan abstrak penyerahan dalam pertanyaan atau tanggal batas review). Email tersebut juga menyediakan penerima dengan instruksi untuk menemukan halaman web yang sesuai, sehingga mereka bisa menjalankan tugas yang diminta.
Mengirim Email
OJS menggunakan email untuk mengoordinasikan fungsi proses editorial dan penerbitan. Seluruh email yang sudah disiapkan memiliki versi default, yang muncul setiap kali ikon email yang relevant diklik. Email default bisa diedit oleh Manajaer Jurnal kapanpun. Email juga bisa diedit oleh pengirim sebelum dikirim. Saat ikon email diklik, secara otomatis nama penerima yang dituju akan terisi, bersama dengan informasi relevan yang dibutuhkan untuk fungsi penerbitan atau editorial. Pengirim bisa mengirim komentar atau perintah lanjutan, seperti yang dibutuhkan. Pengirim dapat mengganti alamat email penerima dan penerima tambahan, kecuali jika pengiriman ke email tersebut membutuhkan password (untuk alasan keamanan). Perlu diingat bahwa mengoreksi alamat penerima tidak mengubah alamat email yang terdaftar di Halaman Profil di dalam sistem. Mengoreksi alamat email penerima secara permanen untuk sistem ini membutuhkan notifikasi ke Manajer Jurnal, yang mempunya otoritas untuk membuat perubahan ke profil pengguna.