OJS mendukung jurnal langganan dengan menyediakan komponen manajemen langganan dan perlindungan password korespondensi untuk konten online jurnal. Langganan dapat diatur untuk pengguna individual, organisasi atau institusi. Jurnal langganan dapat juga menawarkan akses gratis ke terbitan lama melalui sebuah bentuk akses terbuka yang ditunda. Dalam Manajemen Terbitan, Editor mengizinkan akses gratis pembaca ke konten terbitan atau artikel individual dari nol hingga 24 bulan setelah terbitan pertama mereka dan ketersediaan untuk pelanggan.
Manajer, Editor, Editor Bagian Bidang Keilmuan, Editor Layout, Copyeditor, dan Proofreader selalu gratis untuk mengakses jurnal seolah mereka adalah pelanggan.
Menerapkan modul langganan . Manajer Jurnal harus menyatakan di Setup, 4.1. Akses dan Setting Keamanan, bahwa jurnal akan menggunakan sistem ini untuk mengatur langganan dan bahwa seseorang, didaftarkan sebagai Manajer Jurnal atau Manajer Langganan, telah ditunjuk untuk mengatur fitur ini. Orang yang ditugaskan, bersama dengan informasi kontak, harus diidentifikasi sebagai Kontak Langganan di bawah Kebijakan Langganan (lihat di bawah ini).
Tipe Langganan
Mengatur Tipe Langganan . Langkah pertama dalam mengatur manajemen adalah menunjuk tipe langganan yang ditawarkan jurnal. Jurnal biasanya menawarkan, sebagai contoh, harga langganan individual dan langganan institusi. Beberapa jurnal mungkin mempunyai penawaran khusus untuk anggota sebuah organisasi atau siswa. OJS akan mendukung manajemen langganan online dan/ atau cetak. Langganan berdasarkan periode waktu bisa dibuat dalam beberapa tipe (12 bulan, 36 bulan). Satu tipe langganan mungkin bisa dibuat sebagai langganan yang tidak akan pernah kadaluwarsa (contoh: institusi rekanan).
Pilihan Tipe Langganan . Masing-masing tipe langganan harus diidentifikasi baik sebagai tipe langganan individu atau tipe langganan institusi. Langganan individu meminta pengguna untuk login ke jurnal untuk memvalidasi langganan mereka dan untuk mengakses konten langganan. Sedangkan untuk pengguna yang mengakses konten melalui langganan institusi tidak diminta untuk login, karena domain institusi dan/ atau alamat IP digunakan untuk memvalidasi langganan dan mengizinkan akses. Untuk langganan individu dan institusi, pilihan "Langganan meminta informasi keanggotaan" dapat digunakan untuk mengidentifikasi langganan keanggotaan, apakah gratis untuk anggota atau diskon. Dengan pilihan ini, masing-masing langganan akan meminta informasi keanggotaan sebagai bagian dari catatan langganan. Pilihan "Jangan membuat tipe langganan ini tersedia atau tampak" dapat digunakan untuk membuat ketersediaan tipe tidak bisa diakses untuk pengguna saat membeli langganan dan visibilitasnya di bawah Langganan di Tentang halaman Jurnal. Saat sebagian besar tipe langganan biasanya tersedia dan dipajang untuk umum, satu tipe yang dibuat untuk akuntansi internal, langganan staf, dan/ atau tujuan manajemen, sebagai contoh, dapat menjadi terlarang melalui pilihan ini.
Langganan
Langganan Individu . Untuk langganan individu, Manajer (Langganan) Jurnal harus mendaftarkan pengguna sebagai pembaca, jika belum didaftarkan, dan kemudian di halaman Buat Langganan, pilih pengguna ini sebagai pelanggan. Manajer (Langganan) Jurnal kemudian dapat memilih tipe langganan, mengatur tanggal untuk langganan, dan memasukkan keanggotaan dan/ atau informasi acuan, jika bisa diterapkan. Manajer (Langganan) Jurnal juga dapat meng-update profil pengguna dan informasi kontak, jika dibutuhkan. Seluruh update melalui halaman Buat dan Edit Langganan disimpan secara langsung di profil pengguna. Terakhir, Manajer (Langganan) Jurnal bisa memilih pilihan "Kirim email berisi username dan detail langganan ke pengguna" untuk mengirimkan email instruksi login pengguna dan detail langganan.
Langganan Institusi . Untuk langganan institusi, Manajer (Langganan) Jurnal harus terlebih dahulu mendaftarkan pengguna yang akan menjadi kontak personal untuk langganan sebagai seorang pembaca, jika belum didaftarkan, dan kemudian di halaman Buat Langganan, pilih pengguna ini sebagai kontak personal institusi untuk langganan. Manajer (Langganan) Jurnal kemudian dapat memilih tipe langganan, mengatur tanggal untuk langganan, memasukkan nama institusi, alamat surat-menyurat, domain, dan/atau alamat IP, dan memasukkan keanggotaan dan/ atau informasi acuan apapaun, jika bisa diterapkan. Manajer Jurnal (Langganan) juga dapat mengupdate profil narahubung dan informass kontak jika diperlukan. Semua update lewat halaman Buat dan Edit Langganan disimpan secara langsung ke profil sistem menyeluruh pengguna. Terkahir, Manajer Jurnal (Langganan) dapat memilih opsi "Kirim pengguna email berisi rincian nama pengguna dan langganan" untuk mengirim email narahubung institusional petunjuk cara masuk dan rincian langganan. Informasi cara masuk hanya untuk narahubung yang terdaftar dalam langganan. Pengguna di institusi tidak perlu masuk untuk mengakses konten langganan dan diotentikasikan secara otomatis lewat domain institusi dan atau alamat IP.
Status Langganan. Setiap langganan mencakup kolom status untuk menandai status langganan saat ini. Agar sebuah langganan dianggap valid oleh system dan pengguna atau institus terkait dapat mengakses konten langganan, status langganan harus diatur ke "Aktif" dan langganan harus memiliki tanggal mulai dan akhir yang valid. Manajer Jurnal (Langganan) dapat menggunakan status langganan untuk manajeman ctatan langganan yang rapi dan menunda langganan untuk sementara, misalkan, jika menunggu menerima informasi tambahan dari pelanggan atau jika menunggu pembayaran dari pelanggan.
Kebijakan Langganan
Di bawah Kebijakan Langganan, Manajer Jurnal dapat memasukkan informasi kontak Manajer Langganan, yang akan muncul di Tentang Jurnal, memasukkan informasi tambahan tentang langganan agar muncul di Tentang Jurnal (jenis langganan dan struktur tarif akan sudah ditampilkan di sini), mengatur pengingat masa berakhirnya langganan, mengatur pilihan akses terbuka, dan menentukan kebijakan Pengarsipan mandiri penulis yang juga muncul di Tentang Jurnal.