Pengelolaan Jalan Berdasarkan Metode IKP dan IRI (Studi Kasus Jalan Jenderal Sudirman STA 2+000 – STA 3+400 Kota Bandung)

Fadhil Zuhdi Hibatullah, Anya Athalia Rahmizain Wardana, Linda Aisyah

Sari


ABSTRAK 

Kerusakan permukaan jalan dapat mempengaruhi keamanan dan kenyamanan pengguna jalan, khususnya bagi para pengendara. Penilaian tingkat kerusakan jalan perlu dilakukan menggunakan metode IRI dan IKP. Jalan Jenderal Sudirman yang menghubungkan antara Kota Bandung dengan Kota Cimahi; memiliki perkerasan lentur dan ditinjau sepanjang 1,4 km dari Simpang Tiga Jalan Jamika hingga Bundaran Cibeureum. Studi yang dilakukan adalah membandingkan nilai IKP dan IRI hingga merekomendasikan jenis skenario pemeliharaan jalan yang tepat berdasarkan hasil analisis kondisi permukaan jalan. Dari hasil IKP, rata-rata nilainya Jalan Jenderal Sudirman ialah 67,43 untuk arah Bundaran Cibeureum dan 70,11 untuk arah Simpang Tiga Jamika yang menunjukkan kondisi jalan sedang. Sedangkan berdasarkan metode IRI, rata-rata nilainya Jalan Jenderal Sudirman ialah 4,86 untuk arah Bundaran Cibeureum dan 4,66 untuk arah Simpang Tiga Jamika dengan kondisi jalan sedang. Skenario penanganan pemeliharaan rutin dan berkala dilakukan di Jalan Jenderal Sudirman dengan hasil nilai IRI yang lebih baik apabila dilakukan pemeliharaan rutin per tahun dan berkala per lima tahun namun biaya yang diperlukan juga cukup tinggi.

Kata kunci: kondisi perkerasan, jalan provinsi, perkerasan lentur, IKP, IRI, pemeliharaan rutin, pemeliharaan berkala

 

ABSTRACT

The condition of road surfaces can significantly impact the safety and comfort of road users, especially for drivers. Assessing the level of road damage used IRI and PCI. Jenderal Sudirman Road, linking Bandung City to Cimahi City, has flexible pavement and is reviewed along 1.4 km from the Jalan Jamika intersection to the Cibeureum Roundabout. The study aims to compare the PCI and IRI values for both flexible pavements, ultimately recommending appropriate road maintenance scenarios based on the surface condition analysis. Based on the IKP, the average PCI value for the Jenderal Sudirman Road is 67.43 for the Cibeureum Roundabout direction and 70.11 for the Jalan Jamika intersection direction, indicating a moderate road condition. Meanwhile, based on IRI, the average IRI value for the Jenderal Sudirman Road is 4.86 for the Cibeureum Roundabout direction and 4.66 for the Jalan Jamika intersection direction, also indicating a moderate road condition. Routine and periodic maintenance scenarios are implemented on the Jenderal Sudirman Road, with better IRI values achieved through annual routine maintenance and five-year periodic maintenance, although the associated costs are relatively high.

Keywords: pavement condition, provincial road, flexible pavement, IKP, IRI, routine maintenance, periodic maintenance

 

Kata Kunci


pavement condition; provincial road; flexible pavement; IKP; IRI; routine maintenance; periodic maintenance

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26760/rekaracana.v11i1.87

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


____________________________________________________________

ISSN (elektronik) : 2477-2569  

diterbitkan oleh :

Teknik Sipil Institut Teknologi Nasional Bandung

Alamat :  Jl. PHH. Mustofa 23 Bandung 40124

Kontak : Tel. 7272215 (ext. 206)  Fax. 7202892

____________________________________________________________

Terindeks:

 

research

____________________________________________________________

Statistik Pengunjung 

Flag Counter

Lihat Statistik Jurnal

Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License