Board Game MatSym Sebagai Media Edukasi Sejarah Konferensi Asia Afrika bagi Pengunjung Museum KAA Siswa SD & SMP (Usia 10-15 tahun)
Abstract
Museum memiliki peranan penting dalam hal edukasi, termasuk juga pengetahuan tentang sejarah. Museum Konperensi Asia Afrika (MKAA) adalah museum yang menyimpan nilai sejarah mengangkat nilai-nilai kemanusiaan, perdamaian, dan kesejahteraan bersama bagi negara-negara di Asia dan di Afrika. Materi KAA cukup berat bagi pengunjung anak, namun belum ada media edukasi yang khusus untuk anak di MKAA. Board game memiliki keunggulan dalam proses pembelajaran berbasis pengalaman yang menyenangkan bersama teman, Media edukasi berupa board game dapat memudahkan siswa SD dan SMP dalam menyerap pengetahuan sejarah KAA. Kedepannya, melalui penggunaan board game akan sangat mungkin menjadikan Museum KAA lebih ramah bagi pengunjung usia 10-15 tahun.
Kata kunci: Board Game, Media Belajar Anak, Sejarah Konferensi Asia Afrika
Abstract
Museums have an important role in terms of education, including knowledge of history. The Museum of the Asian-African Conference (MKAA) is a museum that holds historical value raising the values of humanity, peace and shared prosperity for countries in Asia and in Africa. KAA material is quite heavy for child visitors, but there is no special educational media for children at MKAA. Board games have advantages in a fun experience-based learning process with friends. Educational media in the form of board games can make it easier for elementary and junior high school students to absorb knowledge of the history of KAA. In the future, through the use of board games it will be possible to make the KAA Museum more friendly for visitors aged 10-15 years.
Keywords: Board Game, Children's Learning Media, History of the Asian-African Conference
Full Text:
PDFReferences
Abdulgani, D. H. (1980). The Bandung Connection Konperensi Asia Afrika di Bandung tahun 1955. Jakarta: Museum Konferensi Asia Afrika - Direktorat Jendral Informasi dan Diplomasi Publik Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia.
Aubrey Bailey, P. D. (2022, April 20). What Is Cognitive Development & Why Is It Important? Dipetik April 18, 2023, dari www.verywellhealth.com: https://www.verywellhealth.com/cognitive-development-5220803
Panitia Penulisan Sejarah Diplomasi RI. (2005). Sejarah Konperensi Asia-Afrika. Jakarta: Museum Konperensi Asia - Afrika.
Rahman, M. N. (2019, April 16). Board Game sebagai media pengenalan Museum-Museum di Yogyakarta Skripsi thesis. Dipetik June 22, 2022, dari Institutional Repository ISI Yogyakarta : http://digilib.isi.ac.id/4307/
Tantono1, W. T. (2021). PERANCANGAN BOARDGAME SEBAGAI MEDIA EDUKASI. Jurnal DKV Adiwarna, Universitas Kristen Petra, -.
Vita Riana, S. R. (2022). Perancangan Board Game Sebagai Media Edukasi. Reka Makna: Jurnal Komunikasi Visual, 59-69.
Wirawan, A. (2022). Yuk Bikin Board Game Edukasi. Surabaya: Mekanima Inspira Nagara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________________________
____________________________________________________________
Published by :
Department of Visual Communication Design Institut Teknologi Nasional Bandung
Address : PHH. Mustofa street 23 Bandung 40124
Contact : Phone 7272215 Fax 7202892
Email : rekamakna@itenas.ac.id
____________________________________________________________
This journal is licensed by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.