Video Explainer Pengenalan Pakaian Adat Kota Surabaya

Widi Sarinastiti, Novita Astin, Gradis Ayuni

Abstract


Abstrak

Kota Surabaya memiliki pakaian adat yang menjadi salah satu identitasnya. Pakaian khas Surabaya tidak hanya berfungsi sebagai pelindung atau sekedar identitas saja, namun juga memiliki filosofi disetiap elemennya yang dapat meningkatkan kecintaan/bangga. Seiring berjalannya zaman dan masuknya budaya asing seakan membuat nilai-nilai dari baju adat ini terabaikan. Sehingga pada penelitian ini dibuat video explainer pengenalan pakaian adat Surabaya dengan menggabungkan antara live action dan animasi. Adanya video explainer ini masyarakat mengalami peningkatan pemahaman akan pakaian adat Surabaya. Selain itu, busana Cak&Ning Surabaya ini bisa dijadikan sebagai media promosi sebagai salah satu identitas Kota Surabaya. Hasil akhir penelitian pre-test dan post-test responden dalam menonton video explainer pengenalan pakaian adat kota Surabaya naik dari indeks 57,12% menjadi 91,4%.

Kata kunci: Surabaya, Pakaian Adat Surabaya, Video Explainer, Animasi


Abstract

Surabaya has traditional clothes that become its identity. Surabaya traditional clothing does not only function as a protector or just an identity, but also has a philosophy in every element that can increase love/proud. As time goes by and the entry of foreign cultures seems to make the values of these traditional clothes diminish. In this study, an explainer video of Surabaya traditional clothing was made by combining live action and animation. The existence of this explainer video makes people have an increased understanding of Surabaya traditional clothes. In addition, this Cak&Ning Surabaya fashion can be used as a promotional media as one of the identities of the city of Surabaya. The final result of the pre-test and post-test research of respondents in watching an explainer video introducing Surabaya traditional clothing, increased from an index of 57.12% to 91.4%.

Keywords: Surabaya, Surabaya Traditional Clothing, Explainer Video, Animation


Full Text:

PDF

References


Fathoni, Kholid. Akhmad, Jauhari. Fathony. Muhammad Zakky. (2015). Pengenalan Pakaian Adat Indonesia Menggunakan Teknologi Kinect. SCAN VOL. X NOMOR 2 JUNI 2015. ISSN :1978-0087

Janoska, Lubos. (2017). What Really Is The Cone Of Experience?. Sumber: https://elearningindustry.com/cone-of-experience-what-really-is (Diakses pada: 23 Oktober 2018)

Meyrasyawati, Dewi. (2013). Fesyen dan Identitas: Simbolisasi Budaya dan Agama dalam Busana Pengantin Jawa Muslim di Surabaya. Makara Seri Sosial Humaniora, 2013, 17(2): 99-108 DOI: 10.7454/mssh.v17i2.2955

Presiden Republik Indonesia. (2014). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta.

Puspita, Arum. (2018). 4 Penghargaan Kota Surabaya Tahun 2018, Kota Terpopuler Guangzhou International Award 2018. Sumber: http://surabaya.tribunnews.com/2018/12/07/4-penghargaan-kota-surabaya-tahun-2018-kota-terpopuler-guangzhou-international-award-2018?page=2 (Diakses pada: 10 Januari 2018)

S. K. Putri, W. Sarinastiti and C. D. Murdaningtyas. (2021). Media Information of Generalized Anxiety Disorder In Adolescent Through Animation Explainer," International Electronics Symposium (IES), 2021, pp. 488-493, doi: 10.1109/IES53407.2021.9594054.

S. Qonitatulhaq, N. Astin and W. Sarinastiti. (2019). Creative Media for Cyberbullying Education, International Electronics Symposium (IES), 2019, pp. 622-627, doi: 10.1109/ELECSYM.2019.8901646.

Sarinastiti, Widi. Susanto, Dwi. Mutammimah. (2016). Skill level animation technique on dental care motion graphic for children, 2016 International Electronics Symposium (IES), 2016, pp. 389-394, DOI: 10.1109/ELECSYM.2016.7861037.

Teresa. Clara Riyanti, Bahaduri. Berti Alia , Rismantojo. Sandy (2017). Upaya Pengenalan Pakaian Adat Indonesia Pada Anak Sekolah Dasar Menggunakan Augmented Reality Pada Book Design. Serat Rupa Journal of Design, Mei 2017, Vol.1, No.3: 428-436.

Videoeditingsage.com. Types of Video Productions. Sumber: https://www.videoeditingsage.com/types-of-video-productions.html (Diakses pada: 7 Januari 2019)

Walikota Surabaya. (2009). Peraturan Walikota Surabaya nomor 60 Tahun 2009 Tentang Busana Resmi Duta Wisata Cak dan Ning Surabaya.

Yogananti A.F. (2015). Pengaruh psikologi kombinasi warna dalam website, ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 1(01)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________________________

Indexed by:

____________________________________________________________

Published by :

Department of Visual Communication Design Institut Teknologi Nasional Bandung

Address : PHH. Mustofa street 23 Bandung 40124

Contact : Phone 7272215  Fax 7202892

Email : rekamakna@itenas.ac.id

____________________________________________________________

Flag Counter

View My Statistics

This journal is licensed by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License