Desain Topologi Jaringan Kabel Nirkabel PDII-LIPI dengan Cisco Three-Layered Hierarchical menggunakan NDLC

MUHAMMAD TEGUH KURNIAWAN, ARIF NURFAJAR, OKTA DWI, UMAR YUNAN

Sari


ABSTRAK

Saat ini Teknologi Informasi (TI) merupakan salah satu hal yang penting dalam suatu perusahaan. Dalam penerapan TI diperlukan infrastruktur jaringan yang dapat mendukung pertukaran informasi baik melalui intranet mauapun internet yang diakses melalui kabel maupun nirkabel. Salah satu pendukung Infrastruktur jaringan adalah topologi jaringan yang handal.  PDII-LIPI (Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) Jakarta merupakan lembaga di bawah LIPI yang berfokus pada tiga kegiatan yaitu  jasa  dokumentasi,  jasa  informasi, pembinaan dan pengembangan bidang dokumentasi informasi. Untuk mendukung proses bisnis berbasis TI di PDII-LIPI diperlukan infrastruktur jaringan yang memadai. Oleh karena itu, pada penelitian ini dilakukan perancangan infrastruktur jaringan kabel dan nirkabel di PDII-LIPI dengan menggunakan metode Network Development Life Cycle (NDLC). Metode ini berguna dalam mengembangkan infrastruktur jaringan kabel dan nirkabel dan dapat memantau kinerja jaringan. Dengan penelitian ini diharapkan dapat membantu PDII-LIPI dalam membangun, dan mengembangkan infrastruktur jaringan kabel dan nirkabel agar lebih optimal dalam mendukung proses bisnis yang ada.

Kata Kunci: topologi jaringan, kabel, nirkabel, NDLC, PDII-LIPI.

 

ABSTRACT

Information Technology (IT) has significant influence to a company. The robust network IT infrastructure should be installed earlier, supporting the information exchange through internet or intranet and it also should be easily accessible via wired or wireless network.  PDII-LIPI (Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) Jakarta is an organization under LIPI which focuses on three processes for instance the documentation services, the  information services and the development of  documentation services. PDII-LIPI has already used IT to support those businesses so they must carefully choose the best network IT infrastructure. To achieve this objective, we propose a research which design wired and wireless network infrastructure at PDII – LIPI. We use Network Development Life Cycle (NDLC) as a method for solving problem. This method is very useful in developing wired and wireless network infrastructure and it can monitor network performance. We expect the research can help PDII - LIPI in building and developing the infrastructure of wired and wireless networks to be more optimized in supporting existing business processes.

Keywords: network topology, wired, wireless, NDLC, PDII-LIPI.



Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fathinuddin, & Teguh. (2014). Perancangan Topologi Jaringan Pada Pemerintah Kabupaten Bandung Dengan metodologi NDLC menggunakan GNS3. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Aplikasinya (hal. B-188). Malang: Politeknik Negeri Malang.

Kementerian Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia. (2014). Kemkominfo: Pengguna Internet di Indonesia Capai 82 Juta . Diakses tanggal 14 Desember 2014 dari http://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3980/Kemkominfo%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+Capai+82+Juta/0/berita_satker#.VIbSaDGUdSg

Asosisasi Penyedia Jasa Internet Indonesia. (2014). Asosisasi Penyedia Jasa Internet Indonesiav - Statistik. Diakses tanggal 14 Desember 2014 dari http://www.apjii.or.id/v2/read/page/halamandata/9/statistik.html.

Tanenbaum, W. (2011). Computer Networks. USA : Pearson Education, Inc.

PDII-LIPI. (2011). Website PDII-LIPI. Diakses tanggal 10 September 2014 dari http://www.pdii.lipi.go.id/ .

Sofana, Iwan. (2008). Membangun Jaringan Komputer : Mudah Membuat Jaringan Komputer (Wire&Wireless) untuk Pengguna Windows dan Linux. Bandung : Informatika.

James E. Goldman, P. T. (2004). Chapter 10 : The Network Development Life Cycle. Dalam Applied Data Communications: A Business-Oriented Approach (hal. 375).

James E, G., & Philips T, R. (2001). Applied Data Communications, A (Third ed.). John Wiley & Sons.

CISCO. (2014). Cisco - The Hierarchical Network Design Model. Diambil dari Cisco: http://www.cisco.com/web/learning/netacad/demos/CCNP1v30/ch1/1_1_1/index.html.

Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah. (2014). PDII-LIPI | Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia - Tentang Kami. Diakses 7 Desember 2014 dari PDII-LIPI | Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.26760/elkomika.v4i1.47

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


_______________________________________________________________________________________________________________________

ISSN (cetak) : 2338-8323 | ISSN (elektronik) : 2459-9638

diterbitkan oleh :

Teknik Elektro Institut Teknologi Nasional Bandung

Alamat : Gedung 20 Jl. PHH. Mustofa 23 Bandung 40124

Kontak : Tel. 7272215 (ext. 206) Fax. 7202892

Surat Elektronik : jte.itenas@itenas.ac.id________________________________________________________________________________________________________________________

Statistik Pengunjung

Free counters!

Web

Analytics Made Easy - StatCounter

Lihat Statistik Jurnal

Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License