Pengontrolan Kecepatan Rotor BLDC UAV Berdasarkan Hasil Identifikasi menggunakan Metode Regresi

ERWANI MERRY SARTIKA,, MULIADY MULIADY, RUDI SARJONO, VINCENSIUS YUVENS

Sari


ABSTRAK

Penggunaan dan aplikasi motor Brushless DC cukup banyak di industri, namun masih cukup sulit untuk mengendalikannya. Pada penelitian sebelumnya telah dipelajari karakteristik parameter motor BLDC UAV menggunakan Metode Regresi untuk mengetahui hubungan antar parameter yang ada dalam sistem motor BLDC. Sinyal PWM merupakan salah satu yang menentukan kecepatan rotor dari BLDC. Pada penelitian ini identifikasi model motor BLDC hasil eksperimen digunakan untuk mengendalikan kecepatan rotor secara open loop dan closed loop. Pengendalian secara open loop menggunakan invers model hasil Metode Regresi menghasilkan kesalahan maksimal 3,77% untuk kecepatan rotor lebih dari 3500 rpm. Sedangkan pada pengendalian secara closed loop menggunakan model hasil Metode Regresi dan pengendali PI (Proportional Integral) dengan Kp = 1 dan Ki = 5, secara simulasi menghasilkan kecepatan rotor dengan settling time 1 detik.

Kata kunci: motor BLDC, kecepatan rotor, identifikasi model, pengendalian

 

ABSTRACT

The use and application of Brushless DC motors is quite a lot in the industry, but it is still quite difficult to control. In previous research the characteristics of UAV BLDC motor parameters using the regression method to determine the relation of the parameters in the BLDC motor system. The PWM signal is one that determines the rotor speed of the BLDC. In this study the identification of the BLDC motor model experimental results is used to control the rotor speed in open loop and closed loop. Control with open loop using the inverse model of the Regression Method produces a maximum error of 3.77% for rotor speeds of more than 3500 rpm. Whereas control with closed loop using the model of the Regression Method and PI (Proportional Integral) controller with Kp = 1 and Ki = 5, the simulation produces rotor speed with a settling time of 1 second.

Keywords: BLDC motor, rotor speed, model identification, control


Kata Kunci


motor BLDC; kecepatan rotor; identifikasi model; pengendalian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azzumar, M. (2012). Pemodelan dan Simulasi Brushless DC Motor Kecil untuk Aplikasi Aktuator Sirip Roket.

Chapra, S. C., & Canale, R. P. (2015). Numerical Methods for Engineers (seventh Ed). New York: McGraw-Hill Science/Engineering/Math.

Dwivedi, A., & Tiwari, A. N. (2013). A Review : Speed Control of Brushless DC Motor A Review : Speed Control of Brushless DC Motor. IJBSTR, (December), 14–19. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.10646.86087

E. Sartika; Muliady; S. Rudi. (2019). Identifikasi Karakteristik Arus Armature dan Kecepatan Rotor BLDC UAV menggunakan Metoda Regresi. In Seminar Nasional Energi Telekomunikasi dan Otomasi (pp. 74–82).

Fathoni, K., & Utomo, A. B. (2019). Perancangan Kendali Optimal pada Motor Arus Searah Tanpa Sikat melalui Metode LQRI. ELKOMIKA | ISSN (P): 2338-8323 | ISSN (E): 2459-9638 | Vol. 7 | No. 2 |, 7(2), 377–391. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26760/elkomika.v7i2.377 Mei 2019

Hazari, R., & Jahan, E. (2014). Design of a Brushless DC ( BLDC ) Motor Controller. In International Conference on Electrical Engineering and Information & Communication Technology (ICEEICT) 2014, December.

Jaya, A., & Fauziah, M. B. (2017). Design of PID-Fuzzy for Speed Control of Brushless DC Motor in Dynamic Electric Vehicle to Improve Steady-State Performance. In 2017 International Electronics Symposium on Engineering Technology and Applications (IES-ETA) (pp. 179–184).

Sartika, E. M. (2019). Simulasi Karakteristik Motor BLDC UAV. In Seminar FORTEI 2019 Edisi khusus prosiding FORTEI 2019 Vol 5, No 1.1 (pp. 1–4). Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jtev/article/view/106120

Sartika, E. M., Sarjono, R., & Chrisophras, H. X. (2019). Sistem Pick and Place Dua Derajat Kebebasan menggunakan Metode Regresi. ELKOMIKA: Jurnal Teknik Energi Elektrik, Teknik Telekomunikasi, & Teknik Elektronika, 7(3), 521. doi:https://doi.org/10.26760/elkomika.v7i3.521

Seol, H. S., Lim, J., Kang, D. W., Park, J. S., & Lee, J. (2017). Optimal Design Strategy for Improved Operation of IPM BLDC Motors with Low-Resolution Hall Sensors. IEEE Transactions on Industrial Electronics, 64(12), 9758–9766. https://doi.org/10.1109/TIE.2017.2716908

Vijay, S., & Arun Kishore, W. C. (2017). One-cycle control of brushless DC motor. Proceedings of 2017 11th International Conference on Intelligent Systems and Control, ISCO 2017, (pp. 150–154). https://doi.org/10.1109/ISCO.2017.7855971

Xiang, C., Wang, X., Ma, Y., & Xu, B. (2015). Practical Modeling and Comprehensive System Identification of a BLDC Motor. Hindawi Publishing Corporation Mathematical Problems in Engineering Volume 2015, Article ID 879581, 11 Pages Http://Dx.Doi.Org/10.1155/2015/879581 Research, 2015.




DOI: https://doi.org/10.26760/elkomika.v9i1.114

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


____________________________________________________________

ISSN (cetak) : 2338-8323   |  ISSN (elektronik) : 2459-9638    

diterbitkan oleh :

Teknik Elektro Institut Teknologi Nasional Bandung

Alamat : Gedung 20 Jl. PHH. Mustofa 23 Bandung 40124

Kontak : Tel. 7272215 (ext. 206)  Fax. 7202892

Surat Elektronik jte.itenas@itenas.ac.id

____________________________________________________________

Terindeks 

index copernicus____________________________________________________________

Statistik Pengunjung 

Free counters!

 Web
Analytics Made Easy - StatCounter

Lihat Statistik Jurnal

Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License