Konsep Arsitektur Rekreatif Dalam Perancangan Perpustakaan Di Kota Baru Parahyangan (KBP) Kabupaten Bandung Barat
Sari
Kota Baru Parahyangan merupakan kota mandiri berwawasan pendidikan. Salah satu sarana dan prasarana yang dapat mendukung kemajuan pendidikan yaitu menyediakan perpustakaan umum untuk masyarakat. Perpustakaan umum di Kota Baru Parahyangan menggunakan tema rekreatif sehingga perpustakaan dapat dijadikan sarana edukasi yang dapat memberikan penyegaran dan penghiburan untukmasyarakat. Penerapan tema rekreatif diterapkan pada bentuk bangunan dan elemen arsitektural. Hasil studi ini diharapkan pembaca dapat memperoleh informasi dan pengetahuan mengenai penerapan tema rekreatif pada perpustakaan umum.
Kata Kunci: Fasilitas, infrastruktur, komunitas, perpustakaan umum, rekreatif.
ABSTRACT
Kota Baru Parahyangan is an independent city with an educational perspective. One of the facilities and infrastructure that can support the progress of education is to provide a public library for the community. The public library in Kota Baru Parahyangan uses a recreational theme so that the library can be used as an educational tool that can provide refreshment and entertainment for the community. The application of recreational themes is applied to the shape of buildings and architectural elements. The results of this study are expected to enable readers to obtain informations and knowledge regarding the application of recreational themes in public libraries.
Keywords: Fasilitas, infrastucture, community, public librarary, recreative.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adler, David. (1999). Metric Handbook Planning and Design Data. London:The Architectural Press
Arif Surachman. Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi di Perpustakaan: suatu hal yang tidak mungkin dihindarkan dalam era globalisasi informasi [Internet].
repository.ugm.ac.id/136172/1/Makalah-TIKPS-2010.pdf [diakses 20 Februari 2019]
Ariza Kurniawati. (2010). Perpustakaan Swasta Kabupaten Klaten yang Bersifat Rekreatif dengan Pendekatan Psikologi Arsitektur. Laporan Tugas Akhir. Jurusan Arsitektur Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Bethana. (2017). Perpustakaan Kota Bekasi. Laporan Tugas Akhir. Program Studi Arsitektur. Institut Teknologi Bandung. Bandung
Claudia Tumiwa. (2011). Medan Culinary Center (Arsitektur Rekreatif). Laporan Studio Tugas Akhir. Departemen Arsitektur. Universitas Sumatera Utara. Medan.
Eka Susanti & Budiono. (2014). “Desain Interior Perpustakaan sebagai Sarana Edukasi dan Hiburan dengan Konsep Post Modern†[online], Vol 3 (1), 6 halaman.
Tersedia: http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/6139/1689 [28 Maret 2019]
Fernando Cardoso Gomes. (2015). Perpustakaan Nasional Timor Leste: A Symbol of National Pride. Jurusan Teknik Arsitektur dan Perencanaan. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.
IFLA. Library Map of The World Definitions [Internet]
https://librarymap.ifla.org/images/files/librarymapoftheworld_definitions_en.pdf [diakses 3 Januari 2019]
Indah Oktaviana. (2017). Perpustakaan Umum Kota Bandung. Laporan Tugas Akhir. Program Studi Teknik Arsitektur. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung
Juwana, Jimmy S. (2005). Panduan Sistem Bangunan Tinggi. Erlangga:Jakarta
Kautsar, A. K. (2010). Konsep Perencanaan dan Perancangan Perpustakaan Swasta Kabupaten Klaten: yang bersifat Rekreatif dengan Pendekatan Psikologi Arsitektur. Retrieved from https://eprints.uns.ac.id/4875/1/210431611201112441.pdf?cv=1
Margaret Sullivan Studio. Public Library Facilities for the Future. New York
Mikael Fredi. (2010). Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta. Laporan Tugas Akhir. Program Studi Arsitektur. Universitas Atma Jaya. Yogyakarta
Muhammad Nohan. (2004). Perpustakaan Umum Wastu Kencana Bandung. Laporan Tugas Akhir. Departemen Teknik Arsitektur. Institut Teknologi Bandung. Bandung
Neufert, Ernst. (1995). Data Arsitek Jilid 2. Jakarta: Erlangga
Permana, A. Y., dan Wijaya, K. (2013). Education City As Identity of Bandung City. In International Conference on Urban Heritage and Sustainable Infrastrcture Development (UHSID) (pp. 15–19). Semarang: Architecture Departement of Diponegoro University.
Permana, A. Y., dan Wijaya, K. (2017). Spatial change transformation of educational areas in Bandung. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (International Conference on Sustainable in Architecture Design Urbanism/ICSADU) (Vol. 99, p. 012029). Semarang: IOP Conference Series: Earth and Environmental Science.
https://doi.org/10.1088/1755-1315/99/1/012029.
Permana, A.Y., Susanti, I., dan Wijaya, K. (2017). Kajian Optimalisasi Fasad Bangunan Rumah Tinggal dalam menunjang Program Net Zero Energy Building (NZE-Bs). Jurnal Arsitektur Arcade, vol. 1 no. 1, hal 27-34
Pradita, K.D. 2008. Pemeliharaan Lansekap Permukiman di Kota Baru Parahyangan, Padalarang Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Program Studi Arsitektur Lansekap IPB
Purnajati, B. J. (2018). Landasan Teori Dan Program Taman Rekreasi Edukasi Anak di Semarang (Universitas Katolik Soegijapranata). Retrieved from http://repository.unika.ac.id/19493/6/14.A1.0108 BAGAS JIWA PURNAJATI %289.86%29..pdf BAB V.pdf?cv=1
Ratih Gusdiya, Y. (2011). Perpustakaan Umum Kabupaten Karanganyar dengan Pendekatan terhadap Pencahayaan Alami Buatan dan Penghawaan serta ditinjau Arsitektur Tropis. Laporan Tugas Akhir. Program Studi Arsitektur. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Republik Indonesia, (2007). UU No. 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. Jakarta: Sekretariat Kabinet RI
Sadhu Adwitya, A. (2015). Perpustakaan Braille di Kota Semarang. Laporan Tugas Akhir. Program Studi Arsitektur. Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Suardana, I.W. (2005). Pengembangan Metode Analisis Bentuk Dalam Pengajaran Seni Lukis Di Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fbs Uny Yogyakarta. Jurnal Imaji FBS-Universitas Negeri Yogyakarta volume 5 nomor 11. Halaman 243-256
Sutarno NS.2006. Manajemen Perpustakaan. Jakarta: Sagung Seto
Thompson, Godfrey. (1989). Planning and Design of Library Buildings Third Edition. London: Butterworth Architecture
Undang-Undang No. 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan
Warut, Y. D. (2018). Galeri Seni Rupa Kontemporer di Yogyakarta (Universitas Atma Jaya Yogyakarta). Retrieved from http://e-journal.uajy.ac.id/713/3/2TA12980.pdf
Watson, Donald. Time Saver Standard for Architectural Design Data.
Yusna Primastuti. (2016). Pusat Buku sebagai Ruang Publik dengan Penerapan Konsep Rekreatif dan Informatif di Kota Surakarta. Laporan Tugas Akhir. Program Studi Teknik Arsitektur Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Zuastika, I. (2010). Family Adventure World (Dunia Petualangan Keluarga): Arsitektur Rekreatif (Universitas SUmatera Utara). Retrieved from https://id.123dok.com/document/ozlng5oq-family-adventure-world-dunia-petualangan-keluarga-arsitektur-rekreatif.html?cv=1
DOI: https://doi.org/10.26760/terracotta.v1i1.3374
Refbacks
ISSN elektronik 2716-4667
Diterbitkan oleh :
Program Studi Arsitektur, Institut Teknologi Nasional Bandung
Alamat : Gedung 17 Lantai 1 Jl. PHH. Mustofa 23 Bandung 40124
Kontak : Tel. 7272215 (ext. 151) Fax. 7202892
Email : terracotta@itenas.ac.id
Terindeks :
Didukung Oleh :
Kerja Sama :
Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.