Analisa dan Business Process Redesign Divisi Pemasaran Maskapai Penerbangan XYZ
Sari
ABSTRAK
Aktivitas layanan maskapai penerbangan setiap tahun semakin menarik perhatian masyarakat. Persaingan ketat untuk memberikan layanan terbaik dan harga terjangkau malalui berbagai promosi ditawarkan oleh berbagai maskapai penerbangan. Proses bisnis pemasaran yang dilakukan dengan baik tentu saja akan berdampak besar pada daya saing sebuah maskapai penerbangan. Proses bisnis pemasaran pada maskapai penerbangan XYZ masih belum sepnuhnya efisien dan belum mengimplementasikan teknologi terbaru. Hal ini berdampak terhadap daya saing maskapi penerbangan XYZ dalam menarik calon pelanggan. Penelitian ini melakukan analisa dan rancang ulang proses bisnis pada divisi pemasaran maskapai penerbangan XYZ untuk memperbaiki kinerja, efisiensi, efektivitas dan kemampuan dalam beradaptasi terhadap perubahan dengan menggunakan pendekatan Business Process Redesign (BPR). Penelitian ini menggunakan notasi Business Process Model and Notation (BPMN) dalam menganalisa dan merancang ulang proses bisnis divisi pemasaran maskapai penerbangan XYZ.
ABSTRACT
Airline service activities are increasingly attracting public attention year after year. Fierce competition to provide the best services and affordable prices is undertaken by airlines through various promotions. A proper marketing business process will have a significant impact on the competitiveness of an airline. The marketing business process at XYZ airline is still not fully efficient and has not implemented the latest technology. This has an impact on the competitiveness of airline XYZ in attracting prospective customers. This study analyzes and redesigns the process business of the marketing division of XYZ airline to improve its performance by increasing efficiency, effectiveness and its adaptability to changes by using Business Process Redesign (BPR) approach. This study uses the Business Process Model and Notation (BPMN) in analyzing and redesigning the business process of the XYZ airline marketing division.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
M. H. Sadiqin and T. G. Saraswati, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Maskapai Lion Air ( Studi Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas Telkom ) Impact Of Service Quality On Costumer Satisfaction In Lion Air ( Study Of Business Administration Students Telko,†E-Proceeding Manag., vol. 5, no. 3, pp. 3919–3929, 2018.
R. Office et al., “Market size,†Phys. Rev. E, vol. 53, no. 1, pp. 3–7, 2013, doi: 10.32493/jpkpk.v1i3.1145.
R. Lesmana and N. Susanti, “Analisa Strategi Bersaing Pt. Garuda Indonesia Tbk. (Persero),†J. Pemasar. Kompetitif, vol. 1, no. 3, pp. 81–92, 2018, doi: 10.32493/jpkpk.v1i3.1145.
N. M. C. K. Dewi, “Strategi Ekspansi PT. Garuda Indonesia Tbk melalui Kolaborasi Internasional dengan SkyTeam Airline Alliance,†J. Hub. Int., vol. 12, no. 1, p. 77, 2019, doi: 10.20473/jhi.v12i1.12259.
L. Nurhayati and D. Setiadi, “Pemodelan Proses Bisnis (Studi Kasus PD. Simpati Sumedang),†Infoman’s, vol. 11, no. 1, pp. 40–50, 2017, doi: 10.33481/infomans.v11i1.20.
N. Wisayani, “Analisis Business Process Reengineering Untuk Mengevaluasi, Merekayasa Ulang, Dan Memperbaiki Monitoring Kontrak Pada Pt Pln (Persero) Dist. Jatim Area Malang.,†J. Adm. Bisnis S1 Univ. Brawijaya, vol. 8, no. 1, p. 79497, 2014.
H. Dinata, “Business Process Reengineering: The Role of Information Technology as a Determinant of Success for Improving Performance,†J. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 5, no. 1, pp. 25–31, 2020.
M. H. Mahendra, H. D. W, and B. Prabawani, “Pengaruh Ekuitas Merek, Kualitas Pelayanan, Dan Switching Cost Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening,†Diponegoro J. Soc. Polit., pp. 1–9, 2014.
R. Fajriah and S. Nazar, “Analisa Business Process Reengineering Dalam Pengembangan Sistem Distribusi Produk Lensa Mata Berbasis Mobile Application,†CESS (Journal Comput. Eng. Syst. Sci., vol. 5, no. 1, p. 1, 2020, doi: 0.24114/cess.v5i1.14353.
S. K. Sari and A. Asniar, “Analisis Dan Pemodelan Proses Bisnis Prosedur Pelaksanaan Proyek Akhir Sebagai Alat Bantu Identifikasi Kebutuhan Sistem,†J. Inform. dan Elektron., vol. 7, no. 2, pp. 143–152, 2015, doi: 10.20895/infotel.v7i2.137.
B. N. Yahya, “Business Process Reengineering: Concepts Causes and Effect,†Bus. Process Reengineering Concepts Causes Eff., vol. 4, no. 2, pp. 102–110, 2002, doi: 10.9744/jti.4.2.pp.102-110.
A. R. Hidayat, “Jurnal Informasi Volume VII No.2 / November / 2015,†Audit Control Capab. Lev. TATA KELOLA Sist. Inf. MENGGUNAKAN COBIT 5 (Studi Direktorat TIK UPI Bandung), vol. VII, no. 2, pp. 33–47, 2015.
L. P. Dewi, U. Indahyanti, and Y. H. S, “Pemodelan Proses Bisnis Menggunakan Activity Diagram Uml Dan Bpmn ( Studi Kasus Frs Online ),†Informatika, pp. 1–9, 2017.
R. Yunis, “Arsitektur Bisnis : Pemodelan Proses Bisnis Dengan Object Oriented,†Seminar, vol. 2010, no. semnasIF, pp. 167–173, 2010.
R. M. Starr, The scope of markets. 2012.
DOI: https://doi.org/10.26760/jrh.v6i1.1-10
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Alamat redaksi dan tata usaha:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Nasional
Fakultas, gedung 14 Lantai 3
Jl. PHH. Mustapa 23 Bandung 40124
Tlp. 022-7272215 Pes. 159, Fax. 022-7202892,
e-mail: hrekayasa@itenas.ac.id
Terindeks:
Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.