Analisis Perbandingan Biaya pada Pekerjaan Pengerukan di Alur Pelabuhan Bandar Bakau Jaya Banten

Aden Firdaus, Muhammad Rizkiansyah, Yessi Nirwana

Sari


ABSTRAK

Pelabuhan Bandar Bakau Jaya yang terletak di Provinsi Banten saat ini dapat melayani kapal yang berjenis 5.000 DWT, dan rencananya akan melayani kapal 10.000 DWT. Pekerjaan pengerukan akan dilakukan pada Alur Pelabuhan dengan dimensi panjang 2.391 m dengan jenis tanah adalah tanah halus berpasir. Tujuan dari penelitian ini adalah membandingkan biaya dan waktu pelaksanaan dari masing- masing jenis kapal keruk yang dapat melakukan pekerjaan pengerukan dengan kondisi tanah yang ada di alur pelabuhan. Metode yang digunakan adalah dengan memperhitungkan berapa lama waktu pekerjaan pengerukan sehingga didapatkan biaya dari masing-masing jenis kapal keruk. Hasil dari analisis didapatkan 3 jenis kapal keruk yaitu, TSHD dalam waktu 2,11 bulan dan biaya Rp27.316.912.819,63, SD dalam waktu 8,34 bulan dan biaya Rp27.887.202.652,35, dan CSD dalam waktu 6,08 bulan dan biaya Rp37.995.671.214,00. Jenis kapal keruk yang paling efisien untuk pekerjaan pengerukan di alur pelabuhan ini adalah TSHD dengan 7 tugboat dan barge.

Kata kunci: pengerukan, alur pelayaran, kapal keruk 


ABSTRACT

Bandar Bakau Jaya Port, located in Banten Province, currently serves 5,000 DWT vessels, and it is planned to serve 10,000 DWT vessels. Dredging work will be carried out on the Port Channel with a dimension of 2,391 m in length with a fine sandy soil type. The purpose of this study is to compare the cost and implementation time of each type of dredger that can carry out dredging work with existing soil conditions in the port channel. The method used is to calculate how long the dredging work is so that the cost of each type of dredger is obtained. The results of the analysis found 3 types of dredges namely, TSHD in 2.11 months and costs Rp27,316,912,819.63, SD in 8.34 months and costs Rp27,887,202,652.35, and CSD in 6, 08 months and costs Rp37,995,671,214.00. The most efficient type of dredger for this work is TSHD with 7 tugboats and barges.

Keywords: dredging, fairway, dredger


Kata Kunci


pengerukan, alur pelayaran, kapal keruk

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fisu, A.A. (2018). “Analisis Kebuthan Fasilitas Sisi Laut Pelabuhan Terminal Khusus PLTGU Lombokâ€, Pena Teknik.

Widodo, W. (2003). “Analisis Teknis Dan Ekonomis Pengadaan Kapal Keruk Yang Sesuai Untuk Pelabuhan Trisakti Banjarmasinâ€, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Repository.

Pamuji, A, dkk. (2015). “Pengaruh Sedimentasi terhadap Kelimpahan Makrozoobenthos di Muara Sungai Betahwalang Kabupaten Demakâ€, Saintek Perikanan.

Triatmodjo, B. (1999). “Teknik Pantaiâ€, Yogyakarta: Beta Offset.

Nurzanah, W. (2019). “Penentuan Lokasi Pembuangan Material Keruk Alur Pelayaran

Pelabuhan Belawan dengan Sistem Informasi Geografisâ€, Buletin Utama Teknik Vol. 14 No. 2.

Menteri Perhubungan. (2011). “Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 83 tahun 2011 Tentang Standar Biaya Kementerian Perhubungan Tahun Anggaran 2012â€

Rahman, F. (2018). “Analisis Sedimentasi Bagi Pekerjaan Pengerukan Di Alur Pelabuhan Bandra Bakau Jaya Bantenâ€, Institut Teknologi Nasional.

Yuwono, Endro & Muhammad Sabaruddin. (2014). “Kajian Pengerukan Waduk Sengguruh Kepanjen Kabupaten Malangâ€, Politeknik Negeri Balikpapan.

Eisma, D. (2006). “Dredging In Coatal Waterâ€, London :Taylor & Franncis plc.

Bray, Nick, dan Marsha Cohen. (2010). “Dredging For Development. 6th editionâ€, Netherland : International Association of Dredging Companies (IADC).

PT Atlas Primarco. (2016). “SID Pengerukan Alur Pelayaran/Kolam Pelabuhan Tanjung Api- Api Prov. Sumselâ€, Bandung.

Pullar, Andy & Stuart Hughes. (2009). “Dredging Methodology and Disposal Alternatives. New Zealand: Port Otago Ltd.â€

Vlasblom, Wim. (2003). “Introduction to Dredging Equipmentâ€, Netherland: Delft University of Technology.

Rukindo.co.id. (2019, 14 November). “Daftar Harga BBK Tmt 5 Januari 2019â€

Menteri Perhubungan. (2011). “Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 83 tahun 2011

Tentang Standar Biaya Kementerian Perhubungan Tahun Anggaran 2012â€




DOI: https://doi.org/10.26760/jrh.v4i2.62-71

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Alamat redaksi dan tata usaha:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Nasional
Fakultas, gedung 14 Lantai 3
Jl. PHH. Mustapa 23 Bandung 40124
Tlp. 022-7272215 Pes. 159, Fax. 022-7202892,
e-mail: hrekayasa@itenas.ac.id


Terindeks:

  


STATISTIK PENGUNJUNG
Flag Counter
 

Lihat Statistik

Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License