Distro Sebagai Bentuk Komunikasi dan Identitas Anak Muda di Kota Bandung
Sari
ABSTRAK
Kehadiran toko pakaian dan asesoris dengan nama distro telah memunculkan fenomena baru di Kota Bandung. Berdasarkan karakteristik desainnya, produk-produk yang dijual toko distro ditujukan untuk memenuhi kebutuhan anak muda. Hal ini ditandai dengan berbagai keunikan produk distro yaitu menjadi ciri khasnya yaitu jumlah setiap produk terbatas, ilustrasi atau gambar pada produk berupa T-Shirt yang unik merepresentasikan karakteristik khas anak muda dalam upaya membentuk identitas. Demikian halnya dengan desain interior setiap distro. Pengaruh desain kaos dari Barat dan Jepang terasa sangat kuat mengingat negara maju umumnya menjadi arah orientasi gaya hidup. Distro dianggap berhasil sebagai bentuk usaha baru dengan caranya yang khas yaitu menjawab upaya pencarian identitas para remaja dengan mengakomodasi kebutuhan komunikasi identitas remaja.
Kata Kunci: desain pakaian, desain interior, identitas, produk distro, remaja.
ABSTRACT
The presence of a clothing store and accessories named distro name has created a new phenomenon in Bandung. Based on the characteristics of the product design sold in distro, the products are  aimed to fullfill young people’s need. It is characterized by a variety of unique products that became the trademark, distributions are limited to the amount of each product, product illustrations or images in the form of a unique T-Shirt represents the typical characteristics of young people in an effort to establish an identity. Likewise with the interior design of each distro. Effect of t-shirt designs from the West and Japan was very strong considering the developed world generally become orientation for towards lifestyle. Distro considered successful as a new establishment with a distinctive way that answers the search for the identity of the juvenile accommodate the communication needs of adolescent identity.
Keywords: clothing design, interior design, identity, distro product, juvenile.Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.