Persepsi dan Citra Identitas Visual Logo Bank Mandiri
Sari
ABSTRACT
Every companies and organizations are aware about how very important having a logo as a visual identity to expression and show their personalities and vision mission to target audience. Logo consist of elements form, color, tipography and all out perform of logo. All that logo elements, designed and have concepts and meanings to express and show company vision and mission, company persona, company philosophy, standard and goals of company. Every elements on logo making response and perceptions on target audience or stakeholder is mind. Stakeholder are respons and perceptions is an image about what or how company visual identity looks. And that image company, should be same or fit with company visual identity to show company vision and mission, company persona, company philosophy, standard and goals of company. This research is to know and analize response and perceptions about Bank Mandiri Logo image in stakeholder or consumer is mind, by using kualitative descriptive method. All the answers and response consumers on quesitioners about concepts and meanings form, color, tipography and all out perform of logo Bank Mandiri get descriptive analize to having a result for this visual identity image and perceptions reserach.
Keywords: logo, visual identity, corporate image, perception
ABSTRAK
Setiap organisasi dan perusahaan menyadari bahwa logo sebagai identitas visual merupakan hal yang sangat penting dan utama dalam menunjukan, memperlihatkan dan mengekspresikan kepribadian dan visi misi mereka kepada khalayak yang dituju atau target sasaran. Logo yang terdiri dari elemen bentuk, warna, rangkaian huruf dan penampilan keseluruhan logo tersebut tersebut, dirancang sedemikian rupa untuk mengekspresikan, memvisualisasikan dan mengkomunikasikan visi misi, nilai-nilai perusahaan, filosofi, standar dan tujuan perusahaan. Elemen-elemen yang terdapat dan membentuk logo sebagai identitas visual perusahaan tersebut memicu dan menimbulkan respon atau tanggapan dan persepsi didalam benak stakeholder atau pelanggan. Persepsi yang muncul dan terbentuk didalam benak pelanggan adalah citra merek perusahaan yang harus sesuai dan mampu serta mewakili, menyimbolkan dan mewujudkan visi misi, nilai-nilai perusahaan, filosofi, standar dan tujuan perusahaan. Penelitian didalam makalah ini adalah untuk mengetahui persepsi dan citra yang terbentuk didalam benak stakeholder atau pelanggan terhadap identitas visual merek logo Bank Mandiri dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu menggunakan angket kuesioner dengan berisikan pernyataan-pernyataan konsep makna bentuk, warna, tipografi dan penampilan keseluruhan logo, dan hasil jawaban pertanyaan angket kuesioner tersebut akan dianalisa secara deskriptif, sehingga dihasilkan sebuah kesimpulan yang menjawab tujuan penelitian.
Kata kunci: logo, identitas visual, citra perusahaan, persepsi
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.