Pengukuran Respon Masyarakat Dalam Menolong Korban Kecelakaan Sepeda Motor dengan Vulnus Apertum (Luka Robek) Melalui Video Campaign Interaktif
Sari
Angka kecelakaan di Surabaya menunjukkan peningkatan setiap tahunnya. Berdasarkan data yang tercatat di IGD RS Bhayangkara Surabaya, tiga luka yang paling sering terjadi adalah vulnus excoriasi, vulnus epertum, dan close fracture. Sementara itu, masyarakat Surabaya sering menemui korban kecelakaan, dan 67% masyarakat pasti menolong korban kecelakaan lalu lintas dengan luka robek tetapi 76% tidak mengetahui apa yang harus dilakukan. Berdasarkan data tersebut, dalam penelitian ini dibuat sebuah video interaktif pertolongan pertama pada kecelakaan sepeda motor dengan jenis luka vulnus apertum (luka robek). Video ini berisi informasi mengenai urutan langkah yang harus dilakukan ketika menangani korban kecelakaan dengan jenis luka robek. Setelah dilakukan pengujian, video hasil dari penelitian ini dapat memberikan pengetahuan baru bagi masyarakat mengenai cara menangani korban kecelakaan dengan luka robek dengan hasil rerata keberhasilan pos-test 90,8%.
Kata kunci: pengukuran respon, kecelakaan sepeda motor, video campaign, interaktif
ABSTRACT
The number of accidents in Surabaya show an increase every year. Based on the data recorded in the ER Bhayangkara Hospital Surabaya, the three most common injuries are vulnus excoriasi, vulnus epertum, and closed fracture. Surabaya people often see the accident victim. As many as 67% of the public would help traffic accident victims with serious wound, but 76% did not know what to do. Based on these data, in this research, an interactive video of the first aid to the type of wound motorcycle vulnus apertum (wound) is created. This video contains information on the sequence of steps to be taken when dealing with an accident victim with a torn wound type. The video results from this study may provide new knowledge for the community about how to handle casualty victims with vulnus apertum with a post-test average of 90.8% success rate.
Keywords: measurement of response, motorcycle accident, video campaign, interactive
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.