Perancangan Desain Karakter Pada Komik in Game Rwa Bhineda : The World of Balance Studi Independen Agate

Ni Kadek Karisma Dewi, I Nyoman Larry Julianto

Abstract


Bali memiliki banyak sekali keunikan, tidak hanya dari segi pariwisata tetapi juga dari sisi kebudayaan yang dimilikinya. Salah satunya adalah adanya konsep duality yaitu Rwa Bhineda yang merupakan kepercayaan masyarakat Bali dari adanya sisi gelap dan terang yang akan selalu saling melengkapi. Dari sinilah, dasar dari konsep ide komik in game yang berjudul "Rwa Bhineda: The World of Balance" tercipta. Komik ini memiliki unsur inovasi dari sisi penggabungan dua jenis konsep tema yaitu pemanfaatan unsur budaya lokal Bali yang digabungkan dengan konsep futuristic/tema teknologi modern yang menjadi dasar dari dunia pada komik ini. Perancangan ini dilakukan untuk memberi gambaran kepada masyarakat bahwa ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam komik contohnya adalah perancangan desain karakterny. Project ini merupakan proyek studi independen program kampus merdeka penulis di Agate. Diharapkan artikel ini selain dapat membantu untuk melestarikan budaya lokal, tetapi juga bisa meningkatkan kembali kreativitas dan inovasi dari kreator komik Indonesia ke depannya.


Kata kunci: desain karakter, komik, Bali modern, studi independen, game

------


Bali has a lot of uniqueness, not only about tourism, Bali has a lot of special culture. Rwa Bhineda is one of it, which is a Balinese belief in the existence of dark and light sides that will always complement each other. This is the basic concept of comic ideas in the game entitled Rwa Bhineda: The World of Balance was created. This comic has an element of innovation in terms of combining two types of concepts, the use of elements of local Balinese culture combined with futuristic concepts/modern technology themes which are the basis of the world in this comic. The purpose of this artwork is to give an idea to the public there’s a lot of important point need to be considered in comics and character design is one thing to think about. This is one project from independent study Kampus Merdeka program at Agate.

Keywords: character design, comic, Bali modern, independent study, game


Full Text:

PDF

References


Admaja, A. T., & Rai, I. W. (2017). BISNIS GELANG TRIDATU SEBAGAI BUDAYA POPULER PADA MASYARAKAT BALI. SEMINAR NASIONAL RISET INOVATIF, 8.

Ardana, I. K. (2012). SEKALA NISKALA: Realitas Kehidupan Dalam Dimensi Rwa Bhineda. Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni, 18.

Atmadja, N. B., Sendratari, L. P., & Rai, I. W. (2015). Deconstructing Gender Stereotypes in Leak . Jurnal Komunitas Research & Leraning in Sociology & Anthropology, 8.

Darmawan, A. (2020). BARONG KET : PEMUJAAN DARI SATUA KE TATTWA DI BALI. Dalam W. Khrisna, I. P. Darmawan, I. M. Windya, P. C. Yhani, I. M. Utara, I. M. Hartaka, . . . K. Y. Rahayu, Hindu Nusantara : Antara Tradisi dan Upacara (hal. 249). Badung: NILACAKRA.

Hutahaen, H. D., Sinaga, B., & Rajagukguk, A. A. (2016). ANALISA DAN PERANCANGAN APLIKASI ALGORITMA APRIORI UNTUK KORELASI PENJUALAN PRODUK (STUDI KASUS : APOTIK DIORY FARMA). Journal of Informatic Pelita Nusantara vol 1 no 1, 7.

Julianto, I. N. (2019). NILAI INTERAKSI VISUAL DALAM PERKEMBANGAN MEDIUM KOMUNIKASI PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Prosiding Seminar Nasional Desain dan Arsitektur (SENADA), 5.

Julianto, I. N., & Sachari, A. (2016). Keterlibatan Simbol Tradisi sebagai Stimulus bagi Anak-Anak dalam Proses Mempelajari Budaya Bali. SOSIO HUMANIKA Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan, 20.

McCloud, S. (2008). Memahami Komik. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Nakashima, T. (2015, Februari 28). â€NOBODY loves a perfect guy†– “Sympathy†of your character – Japanese Manga 101 – #007. Diambil kembali dari SMAC! SILENT MANGA COMMUNITY: https://www.manga-audition.com/japanesemanga101_007/

Nakashima, T. (2015, Maret 5). 5 Rules of character Imageboard, JapaneseManga101-#008. Diambil kembali dari SMAC! Silent Manga Community: https://www.manga-audition.com/japanesemanga101_008/

Setiawan, F. (2015). PERANCANGAN CONCEPT ART VIDEO GAME THE ART OF RWA BHINEDA. Yogyakarta: ISI YOGYAKARTA.

Tohir, M. (2020). Merdeka Belajar : Kampus Merdeka. OSFPREPRINTS, 19.

Umar, S. R. (2020). PERANCANGAN CONCEPT ART VIDEO GAME STRATEGI BERBASIS SEJARAH KEDATANGAN BANGSA EROPA KE NUSANTARA. Yogyakarta: ISI Yogyakarta.

Wirawan, I. G. (2019). Rwa Bhineda. ISI Denpasar | Institutional Repository, 6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________________________

Indexed by:

____________________________________________________________

Published by :

Department of Visual Communication Design Institut Teknologi Nasional Bandung

Address : PHH. Mustofa street 23 Bandung 40124

Contact : Phone 7272215  Fax 7202892

Email : rekamakna@itenas.ac.id

____________________________________________________________

Flag Counter

View My Statistics

This journal is licensed by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License