Perancangan Video Dokumenter “Urban Cycling Culture†Untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Dalam Memilih Sepeda Sebagai Alat Transportasi
Abstract
Saat ini sepeda menjadi moda transportasi yang popular di berbagai kota di negara maju, seperti Amsterdam, Paris, Barcelona, Jerman, dan London. Berbagai upaya dan fasilitas khusus mulai disediakan di berbagai kota di Indonesia untuk mendukung budaya bersepeda, misalnya dengan penyediaan jalur khusus sepeda (bike lane), dan penerapan program Car Free Day. Ada beberapa alasan mengapa kita harus mulai menggunakan sepeda sebagai alat transportasi antara lain, Berguna bagi kesehatan, dan yang paling penting adalah mengurangi polusi serta kemacetan. Pada masa kini di Indonesia, bersepeda dipandang sebagai sebuah hobi dan mungkin untuk Sebagian orang masih tabu, tabu dalam artian berpergian atau menggunakan sepeda sebagai alat transportasi utama merupakan hal yang mustahil, karena mereka nilai kurang efektif dan buang buang tenaga. Dengan dibuatnya video dokumenter tentang “Urban Cycling Culture†diharapkan agar ini menjadi solusi, dan mempersuasi masyarakat di Indonesia agar dapat beralih untuk bertransportasi menggunakkan sepeda, serta dapat memperkenalkan ada hal hal apa saja di dalam skena ini sebenarnya kepada khalayak masyarakat, agar masyarakat tau dan teredukasi dengan adanya penelitian ini.
Kata kunci: sepeda, video, dokumenter, media, transportasi
------
Currently bicycles are a popular mode of transportation in various cities in developed countries, such as Amsterdam, Paris, Barcelona, Germany and London. Various efforts and special facilities have begun to be provided in various cities in Indonesia to support the culture of cycling, for example by providing special bicycle lanes and implementing the Car Free Day program. There are several reasons why we should start using bicycles as a means of transportation, among others, it is useful for health, and the most important is the reduction of pollution and congestion. At present in Indonesia, cycling is seen as a hobby and maybe for some people who are still taboo, taboo in the art of traveling or using bicycles as the main means of transportation is impossible, because their value is ineffective and a waste of energy. With the making of a documentary video about "Urban Cycling Culture" it is hoped that this will become a solution, and persuade the people inIndonesia to be able to switch to transportation using bicycles, and be able to introduce anything in this scene to the public, so that people know and. educated by the existence of this research.
Keyword: bicyle, video documentary, media, transportation
Full Text:
PDFReferences
Emanuel, M. (2018). Making a Bicycle City. Infrastructure and Cycling In Copenhagen since 1880.
Sidjabat, S. (2016, September). Sepeda sebagai Alat Transportasi Ramah Lingkungan, III(1).
Koning Martin, P. K. (2014, January 1). Are Bicycle Good For Paris?
Huda Perkasa, S. (2015). Perancangan Film Dokumenter . Kawasan Purbakala Gunung Penanggungan.
Budiman, H. G. (2014, Februari 18). Perkembangan Zine Di Bandung. Media Informasi Musik Bawah Tanah.
Prasetyo, A. (2011). Buku Putih Produksi Film Pendek, Bikin Film Itu Gampang (Vol. I). (N. Yektiningsih, Ed.) Tegal, Jawa Tengah, Indonesia: Bengkel Sinema.
Colville-Andersen, M. (2018). Copenhagenize The Definitive Guide to global Bicycle Urbanism. Copenhagenize, Frederiksberg, Germany: Island Press.
Routledge. (2018). Bicycle Urbanism reimagining Bicycle Friendly Cities. (R. Berney, Ed.) NYC, United States Of America: Routledge.
The Balance Point. (n.d.).
Zine In Libraries: A culture Preserved. (E. Duranceau, Ed.) Massachusetts: Institute Of technology Cambridge.
Haine, C. (2011).
The Urban Biking Book (I ed., Vol. I). New York City, USA: Quayside Publishing Group.
Furia, E. (2012). The Big Book Of Bicycling. In The Big Book Of Bicycling (pp. 347-352). Rodale.
Blue Lug Japan. (2020). bluelug.com/blog. Retrieved january 8, 2021, from bluelug.com: https://bluelug.com/blog/global/tokyo-urban-ride/
Effendy, H. (2009). Mari Membuat Film. Bandung, Jawa Barat, Indonesia: Erlangga.
Dewojati, R. K. (2012, Agustus 2). Desain Grafis Sebagai Media Ungkap Periklanan. Desain Grafis Sebagai Media Ungkap Periklanan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________________________
____________________________________________________________
Published by :
Department of Visual Communication Design Institut Teknologi Nasional Bandung
Address : PHH. Mustofa street 23 Bandung 40124
Contact : Phone 7272215 Fax 7202892
Email : rekamakna@itenas.ac.id
____________________________________________________________
This journal is licensed by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.