Perancangan Media Promosi Waduk Jatigede Melalui Video
Abstract
Perancangan media promosi Waduk Jatigede melalui video promosi adalah penelitian tentang perancangan media promosi berbagai potensi wisata yang ada di Waduk Jatigede. Tujuan Penelitian ini adalah untuk memajukan kawasan wisata di daerah Waduk Jatigede agar masyarakat lokal mengetahui bahwa Waduk Jatigede tidak hanya sekedar bendungan terbesar kedua di Indonesia namun Waduk Jatigede pun memiliki potensi wisata yang cukup banyak. Kurangnya media promosi merupakan faktor kurangnya penyampaian Waduk Jatigede kepada masyarakat luas melalui media terbuka. Metode yang digunakan adalah metode kuliatatif berdasarkan fakta data dilapangan. Penulis akan mencari informasi melalui penyebaran kuisioner kepada target dan menganalisis berdasarkan beberapa sumber seperti jurnal, buku, penelitian terdahulu serta wawancara kepada instansi yang terkait, pelaku usaha pariwisata dan penggiat wisata. Data dalam penelitian ini adalah wisata yang ada di Waduk Jatigede. Hasil penelitian menunjukkan di Waduk Jatigede terdapat beberapa kawasan wisata yang berpotensi baik dan sangat menjual untuk wisatawan priangan dan hasil penelitianpun ternyata memang masih banyaknya masyrakat luas belum mengenal apaitu Waduk Jatigede dan wisata yang berada di Kawasan tersebut.
Kata kunci: Pariwisata, Media Promosi, Waduk Jatigede
------
This study, entitled "The design of the Jatigede Reservoir promotional media through promotional videos" is a research on the design of the tourism promotion media in the Jatigede Reservoir. The purpose of this study is to advance the tourism area in the Jatigede Reservoir area so that local people know that Jatigede Reservoir is not only the second largest dam in Indonesia but Jatigedepun Reservoir has quite a lot of tourism potential. The lack of promotional media is a factor in the lack of delivery of Jatigede Reservoir to the wider community through open media. The method used is a qualitative method based on factual data in the field. The author will seek information through distributing questionnaires to targets and analyzing based on several sources such as journals, books, previous research and interviews with related agencies, tourism business actors and tourism activists. The data in this study are tourism in Jatigede Reservoir. The results showed that in Jatigede Reservoir there are several tourist areas that have good potential and are very selling for priangan tourists and the results of the research show that there are still many people who do not know what Jatigede Reservoir and tourism in the area. Â
Keywords: tourism, commercial media, Waduk Jatigede
Â
Full Text:
PDFReferences
Ardianto, H. (2016). Perancangan Video Promosi "Mengenal Sejarah di atas Rel"
Afebby Deputra. (2018). Perancangan Media Audio Visual Promosi Wisata Buit Aua Sarumpun Kabupaten Tanah Datar. Universitas Negri Padang.
Becherel, Lionel. Vellas, Francois. (2008). Pemasaran Pariwisata Internasional.Cet 1. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Budi Shantika. (2018). Dampak Perkembangan Pariwisata Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Di Pulau Nusa Lembongan. Fakultas Pariwisata, Unoversitas Udayana.
Dade Mahzuni. (2011). Makna Sejarah dan Budaya Dalam Situs Jatigede Sumedang. Fakultas Sastra Universitas Padjadjaran.
Dr. I Gusti Bagus Rai Utama. (2017). Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta.
Gamal, S. (t.thn.). Dasar - dasar Pariwisata. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Gusti Bagus Rai Utama. (2014). Pengantar Industri Pariwisata. Yogyakarta.
Herdhi Ardianto, Martin Setyawan. (2016). Perancangan Video Promosi “Mengenal Sejarah di atas Relâ€. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.
Hermina Mimin. (2011). Strategi Promosi Dalam Pemasaran. Universitas Shanata Darma Yogyakarta.
Heru Pramono. DAMPAK PEMBANGUNAN PARIWISATA TERHADAP EKONOMI, SOSIAL, DAN BUDAYA.
Ionel Becherel, F. V. (2008). Pemasaran Pariwisasta Internasional. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Kennedy, J. E. (2006). Diambil kembali dari Sejarah Perkembangan Pariwisata dan Definisi Pariwisata.
Mughnifar Ilham. (2020). Pengertian Video – Jenis-Jenis dan Fungsi Video (Lengkap).
Olyanti Samura. (2017). Perancangan Media Promosi Pariwisata untuk Daya Tarik Wisata Permandian Muncul Banyubiru Kab. Semarang. Universitas Kristen Satya Wacana.
Pinatatri, A. Y. (1993). Pengantar Ilmu Pariwisata Sejarah perkembangan parwisata dan definisi pariwisata. Bandung: Angkasa Bandung.
PS Suprianto. (2018). Bab II Landasan Teori Promosi. Universitas Pasundan.
Soekidjo R, G. (2000). Anatomi Pariwisata: Memahami Pariwisata sebagai "Systemic Linkage". PT. Bhuana Ilmu Populer.
Sopa Martina. (2014). DAMPAK PENGELOLAAN TAMAN WISATA ALAM KAWAH PUTIH TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL DAN EKONOMI MASYRAKAT. Jalan Sekolah Internasional. Bandung.
Vedy Santoso. (2015). VIDEOGRAFI KAMPANYE DALAM MITOS SENI.
Yasa Sidik Permana. (2012). Perancangan dan Pembuatan Video Promosi Wisata Alama dan Edukasi Lingkungan Dolandeso Boro Daerah Banjar Asri Kabupaten Kulon Progo. Sekolah Tinggi Manajemen informatika dan Komputer Amikom Yogyakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________________________
____________________________________________________________
Published by :
Department of Visual Communication Design Institut Teknologi Nasional Bandung
Address : PHH. Mustofa street 23 Bandung 40124
Contact : Phone 7272215 Fax 7202892
Email : rekamakna@itenas.ac.id
____________________________________________________________
This journal is licensed by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.