Potensi Buku Sensori Berbasis Montessori dan Multimodal Terhadap Perkembangan Kognitif Balita Usia 3-5 Tahun
Abstract
Perkembangan kognitif anak adalah aspek penting yang perlu di stimulasi sejak dini terutama pada masa balita, keterlibatan orang tua sangat krusial pada prosesnya. Montessori adalah salah satu metode pendidikan anak usia dini yang efektif, menekankan pada pembelajaran konkret dengan eksplorasi mandiri anak menggunakan tangan. Dalam menyampaikan tujuan narasi, sangat dibutuhkan peranan Multimodal yaitu gabungan berbagai bentuk komunikasi untuk menciptakan cara yang lebih komprehensif dan efektif. Multimodal menjadi metode komunikasi efektif dikarenakan dapat menstimulasi sebagian besar aspek sensorik pada balita. Namun realitasnya sebagian besar orang tua masih kurang peduli dan tidak memaksimalkan potensi momen tumbuh kembang anaknya. Selain itu dalam konteks pendidikan anak usia dini di Indonesia, implementasi Montessori masih mengalami hambatan diantaranya menyelaraskan dengan kurikulum Indonesia, pemahaman filosofi masyarakat yang kurang mendalam, serta keterbatasan fasilitas yang mendukung. Artikel ini bertujuan untuk meneliti teori serta praktik penelitian terdahulu yang berkaitan dengan stimulasi sensori pada balita, menganalisis preferensi belajar balita saat ini untuk menemukan potensi dari buku sensori dengan pendekatan montessori dan multimodal terhadap perkembangan kognitif balita usia 3-5 tahun. Metode kualitatif digunakan untuk memahami teori, konteks dan fenomena secara mendalam, melalui studi literatur dan observasi, kemudian metode kuantitatif digunakan dalam pengumpulan data lapangan dengan penyebaran kuesioner purposive sampling dengan total 38 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa sangat besar potensi efektivitas buku sensori terhadap perkembangan kognitif balita berdasarkan hasil survei menunjukan bahwa balita membutuhkan media pembelajaran yang dapat menstimulasi area sensori melalui pengenalan konsep jenis-jenis tekstur yang interaktif, kontekstual dan lebih naratif dengan peranan prinsip montessori dan multimodal. Penelitian ini diharapkan dapat menghadirkan inovasi media pembelajaran yang lebih relevan bagi anak usia dini, serta dapat berkontribusi positif dalam pengembangan ilmu dalam aspek pendidikan anak usia dini di Indonesia.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________________________
____________________________________________________________
Published by :
Department of Visual Communication Design Institut Teknologi Nasional Bandung
Address : PHH. Mustofa street 23 Bandung 40124
Contact : Phone 7272215 Fax 7202892
Email : rekamakna@itenas.ac.id
____________________________________________________________
This journal is licensed by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.