PERANCANGAN KAMPANYE MEMBANGUN KESADARAN PEMAKAIAN FASHION YANG LEBIH BERKELANJUTAN DAN BERETIKA MELALUI DIGITAL CAMPAIGN SILIH TUKAR

Faris Hilmi Rahmadian, Wuri Widyani Hapsari, Agus Rahmat Mulyana, Aldrian Agusta

Abstract


Bertambahnya usia bumi dan fenomena yang terjadi telah membawa perubahan bagi kehidupan manusia. Salah satu fenomena yang terjadi dan melekat dalam kehidupan manusia adalah fenomena "fast fashion". Fast fashion merupakan istilah yang digunakan oleh industri tekstil untuk menggambarkan produksi berbagai model fesyen yang cepat berganti dalam waktu singkat. Tak hanya itu, industri ini cenderung menggunakan bahan baku berkualitas rendah yang tidak awet. Penggunaan bahan baku yang tidak awet membuat konsumen cenderung membeli pakaian lagi. Nampaknya pemakaian pakaian yang berkelanjutan bisa menjadi upaya untuk menanggulangi dampak dari industri fast fashion. Dengan memiliki kesadaran akan ethical consumption terhadap pakaian, dengan cara mengurangi pembelian pakaian yang berlebih dan mengonsumsi pakaian dengan rentang waktu yang cukup lama (2 tahun atau lebih) dapat mengurangi jejak karbon, air, dan limbah pakaian kita (Elizabeth L Cline).


Kata kunci: Kampanye, Fesyen Berkelanjutan, Zero Waste, Pakaian.


Full Text:

PDF

References


Annamma Joy, John F. Sherry, Jr, Alladi Venkatesh, Jeff Wang, dan Ricky Chan. (2021). Fast Fashion, Sustainability, and the Ethical Appeal of Luxury Brands. University of British Columbia, Canada.

Aslamatul Rizqiyah. (2023). Sampah Pakaian Makin Banyak, Saatnya Sudahi Konsumsi Fast Fashion. Artikel.

Elizabeth L. Cline. (2019). The Conscious Closet: The Revolutionary Guide to Looking Good While Doing Good. Penguin Publishing Group.

Hartani, Kadek Profit. (2019). The Future of Sustainability in the Fashion Industry. C&A Foundation.

Mega Fadilla Sani, S.Sn. (2020). Perancangan Kampanye SlowFashion Di Indonesia (Tugas Akhir). Institut Kesenian Jakarta.

Murtaza Haider, Randall Shannon, dan George P. Moschis. (2021). Sustainable Consumption Research and the Role of Marketing: A Review of the Literature (19762021).

Osmud Rahman, Dingtao Hu, dan Benjamin C. M. Fung. (2023). A Systematic Literature Review of Fashion, Sustainability, and Consumption Using a Mixed Methods Approach. Toronto Metropolitan University, Canada.

Siti Aisyah Novitri. (2021). Fast Fashion, Bagaimana Dampak dan Solusi yang Bisa Dilakukan?. Artikel.

Zero Waste. (2019). TukarBaju, Sebuah Kampanye dan Solusi Akan Sampah Fesyen dan Limbah Tekstil di Indonesia.

Zero Waste. (2022). Fesyen Lambat (Slow Fashion). Artikel.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________________________

Indexed by:

____________________________________________________________

Published by :

Department of Visual Communication Design Institut Teknologi Nasional Bandung

Address : PHH. Mustofa street 23 Bandung 40124

Contact : Phone 7272215  Fax 7202892

Email : rekamakna@itenas.ac.id

____________________________________________________________

Flag Counter

View My Statistics

This journal is licensed by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License