PERANCANGAN AKTIVASI BRAND WISATA KAMPUNG BUDAYA PADI PANDANWANGI, CIANJUR

Varrel Muhammad Fajar, Wiwi Isnaini

Abstract


Kampung Budaya Padi Pandanwangi yang berada di Cianjur merupakan destinasi wisata yang memadukan nilai budaya, edukasi, dan keindahan alam. namun keberadaannya masih kurang dikenal masyarakat luas. Dengan latar belakang bahwa pariwisata dapat menjadi sarana pemerataan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat, potensi wisata berbasis padi lokal unggulan ini perlu dioptimalkan melalui strategi aktivasi merek (brand activation). perancangan ini menggunakan metode kualitatif melalui penyebaran kuesioner kepada masyarakat untuk mengetahui tingkat kesadaran dan minat mereka, wawancara dengan pengelola untuk menggali potensi dan tantangan, serta observasi langsung ke lokasi wisata untuk memahami daya tarik dan pengalaman yang ditawarkan. Manfaat yang diharapkan dari perancangan ini adalah pembentukan citra destinasi wisata yang kuat, peningkatan kesadaran terhadap nilai budaya lokal, serta berkontribusi dalam membangun loyalitas pengunjung di masa depan dan menjadikan Kampung Budaya Padi Pandanwangi sebagai pusat edukasi utama untuk mempelajari padi pandanwangi. 

Kata kunci: pariwisata, padi, pandanwangi, aktivasi brand


Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. (1996). Building Strong Brands. Free Press.

Acho, A., Ajeng Andini Pujasmara, Farah, A., Ferra, H., Hanny, D. Y., Rizki, R., & Robelina, A. U. (2019). Keunikan kampung wisata budaya padi pandan wangi (Santa, M.pd). Universitas Pakuan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Biologi.

Asmara, I. (2020). PENGARUH IKLAN, BRAND ACTIVATION, DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP BRAND AWARENESS SUSU ZEE. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 9.

Cut Shabilla Irvany, & Yayat Sukayat. (2022). MOTIVASI PETANI DALAM PENANAMAN PADI PANDANWANGI. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis.

GÜREL, E. (2017). SWOT ANALYSIS: A THEORETICAL REVIEW. Journal of International Social Research, 10(51), 994–1006. https://doi.org/10.17719/jisr.2017.1832

Hidayat, M., Depria Kembara, M., Wijaya, R., Rozak, A., & Erliyandi, R. (2022). Rancangan 3D Pengembangan Desa Wisata-Budaya Pandanwangi Cianjur Berorientasi Nilai Ecovillage. SOSIO RELIGI: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 20(2).

Muhammad Yahya Ahmad. (2020). PENGARUH KEASLIAN DAN MEREK TERHADAP HARGA DAN KEPUASAN KONSUMEN BERAS PANDANWANGI CIANJUR. Jurnal Agrita, 02.

Mukalafitri, B., & Djamal, M. F. (2023). Pengaruh Brand Activation CGV Cinemas Melalui Instagram Terhadap Loyalitas Penonton Bioskop Di Masa Pandemi. Inter Script: Journal of Creative Communication |, V(2), 14.

Rosda Malia, Yola Nurkamil, & Muhamad Fachri Ramadani. (2021). STRATEGI PENGEMBANGAN AGROWISATA KAMPUNG BUDAYA PADI PANDANWANGI. Jurnal Agrita, 3(2).

Sukayat, Y., Supyandi, D., Haryanto, M. A., & Bk, R. A. (2022). PERILAKU PETANI DALAM BERUSAHATANI PADI PANDANWANGI. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis.

T. Prasetyo Hadi Atmoko. (2014). STRATEGI PENGEMBANGAN POTENSI DESA WISATA BRAJAN. In Jurnal Media Wisata (Vol. 12, Issue 2).

Trout, Jack., & Rivkin, S. (1996). The new positioning: The latest on the world’s #1 business strategy. McGrawHill. https://www.nlb.gov.sg/main/Book-Detail-Page?cmsUuID=dd158c4e-8aed-476c-b30f-1805b60eb019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________________________

Indexed by:

____________________________________________________________

Published by :

Department of Visual Communication Design Institut Teknologi Nasional Bandung

Address : PHH. Mustofa street 23 Bandung 40124

Contact : Phone 7272215  Fax 7202892

Email : rekamakna@itenas.ac.id

____________________________________________________________

Flag Counter

View My Statistics

This journal is licensed by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License