Peran Komunikasi Media Berbasis Afektif dalam Slogan Iklan Kecap Bango â€Jadikan Masakan Sederhana Lebih Istimewaâ€
Abstract
Artikel ini membahas peran komunikasi media berbasis afektif dalam konteks kampanye iklan Kecap Bango melalui analisis terhadap slogan-slogan iklannya. Kecap Bango, sebagai merek yang telah mapan dalam industri, memanfaatkan strategi afektif untuk membangun ikatan emosional dengan konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengidentifikasi elemen-elemen afektif yang terkandung dalam slogan-slogan tersebut. Hasilnya menunjukkan bahwa melalui pemilihan kata-kata, nada, dan visual, iklan Kecap Bango berhasil menyampaikan pesan dengan membangkitkan respons emosional yang positif dari konsumen. Analisis ini memberikan wawasan tentang bagaimana komunikasi media berbasis afektif dapat menjadi faktor kunci dalam membangun citra merek yang kuat dan meningkatkan daya tarik produk, serta meningkatkan keterlibatan konsumen.
Kata kunci: komunikasi media, afeksi, iklan kecap
Â
ABSTRACT
This article explores the role of affective-based media communication in the context of the advertising campaign for Kecap Bango through an analysis of its slogans. Kecap Bango, as a well-established brand in the industry, utilizes affective strategies to build emotional connections with consumers. The research employs a qualitative approach to identify the affective elements contained in these slogans. The results indicate that through the choice of words, tone, and visuals, Kecap Bango's advertisements successfully convey messages by eliciting positive emotional responses from consumers. This analysis provides insights into how affective-based media communication can be a key factor in building a strong brand image, enhancing product appeal, and increasing consumer engagement.
Keywords: media communication, affection, soy sauce advertising
Full Text:
PDFReferences
Arsha, M., M., & Misnawati, D. "Strategi Komunikasi Departemen Produksi Dalam Meningkatkan Kualitas Program Pagi–Pagi Di NET TV." Jurnal Inovasi 11.2 (2017): 79-91. (akses pada 29 November 2023)
Dewi, A.K. (2017). Analisis Ideologi Visual pada Iklan Cetak Adidas Versi Chu-mu Yen, “No One Gets Up When A Whole World Kicksâ€. Jurnal Reka Rupa, Vol.4(2), 2017. Link akses: https://ejurnal.itenas.ac.id/index.php/rekarupa/article/view/1700 (akses pada 29 November 2023)
Laila, K., Nyoman Parining, & Anggreni, I., L. (2020). "Hubungan antara Bauran Pemasaran Kecap Bango dan Keputusan Pembelian pada Generasi Millenial di Kota Denpasar." Jurnal Agribisnis dan Agrowisata ISSN 2685 (2020): 3809 (akses pada 29 November 2023)
Sobur, A., (2009). Analisis Teks Media (Cetakan Kelima), Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.
Susanti, F. (2015) "Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Klien Dalam Memilih Radio Carano Sebagai Media Promosi Iklan." Jurnal KBP, Vol. 3 No. 1, Juli 2015 (akses pada 29 November 2023)
Iklan Kecap Bango dalam video YouTube. (2022). Diakses dari https://youtu.be/TyDgWX7MYAo?si=36bF0BsD3bsEDC3A pada tanggal 23/11/2023
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________________________
____________________________________________________________
Published by :
Department of Visual Communication Design Institut Teknologi Nasional Bandung
Address : PHH. Mustofa street 23 Bandung 40124
Contact : Phone 7272215 Fax 7202892
Email : rekamakna@itenas.ac.id
____________________________________________________________
This journal is licensed by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.