Analisis Prinsip Gestalt Pada Pola Monogram Brand Goyard Dalam Membentuk Persepsi Visual
Abstract
Pola monogram termasuk salah satu elemen kunci dari luxury brand. Monogram didesain secara khusus sebagai identitas mereka. Penggunaannya memberikan elemen visual yang unik dan bisa dikenali dengan mudah oleh konsumen. Dengan memadukan huruf atau simbol merek dalam desain unik dapat memberikan identitas yang khas dan mudah dikenali. Brand mewah seringkali mengkaitkan diri dengan sejarah, warisan dan tradisi sebagai dasar dari pola monogram pada identitasnya. Goyard, sebagai salah satu merek mewah terkenal, menggunakan monogram khasnya sebagai elemen identitas visual yang mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan prinsip-prinsip Gestalt pada pola monogram Goyard dan dampaknya terhadap persepsi visual. Dengan merinci elemen-elemen seperti kesatuan, keterpisahan, simetri, dan kesinambungan dalam pola monogram, penelitian ini mengeksplorasi cara brand Goyard memanfaatkan prinsip-prinsip Gestalt untuk menciptakan kesan visual yang unik dan memikat. Analisis ini dapat memberikan wawasan yang mendalam tentang bagaimana desain monogram berkontribusi pada pembentukan persepsi konsumen terhadap suatu brand
Kata kunci: Brand Goyard, prinsip Gestalt, persepsi visual
ABSTRACT
The monogram pattern is one of the key elements of luxury brands. Monograms are specifically designed as their identity. Its use provides a unique visual element that can be easily recognized by consumers. By combining brand letters or symbols in a unique design, it can provide a distinctive and recognizable identity. Luxury brands often associate themselves with history, heritage and tradition as the basis of the monogram pattern in their identity. Goyard, as one of the well-known luxury brands, uses its signature monogram as a profound visual identity element. This research aims to analyze the application of Gestalt principles to Goyard's monogram pattern and its impact on visual perception. By detailing elements such as unity, separateness, symmetry, and continuity in the monogram pattern, this research explores how the Goyard brand utilizes Gestalt principles to create a unique and compelling visual impression. This analysis can provide deep insights into how monogram design contributes to the formation of consumer perceptions of a brand.
Keywords: Goyard brand, gestalt principles, visual perception
Full Text:
PDFReferences
Bejo, B. Aplikasi Prinsip Gestalt pada Media Desain Komunikasi Visual : https://dgi.or.id/dgi- archive/aplikasi-prinsip-gestalt-pada-media-desain-komunikasi-visual
Cary, A. (2021). The Secret to elusive Heritage Brand Goyard Modern celebrity appeal
:https://www.vogue.co.uk/fashion/article/Goyard-handbags-history
Dar, V. (2021) Louis Vuitton to Gucci, why high-profile luxury brands are so focused on monograms https://www.financialexpress.com/lifestyle/louis-vuitton-to-gucci-why- high-profile-luxury-brands-are-so-focused-on-monograms/2172251/
Goyard. History of Maison Goyard; https://www.Goyard.com/eu_en/Goyard-history
Hoffower, H. (2018). Forget Louis Vuitton and Hermes – This luxury brand is the status symbol for the world’s richest people; https://www.businessinsider.com/louis-vuitton- hermes-Goyard-secret-luxury-brand-rich-people-love-2018-5
Hill, F. W. (2021). Theoris Of Learning: Teori Gestalt dan Teori-Teori Kognitif Eropa Lain. (Khozim. M & Priatmoko. A, Penerj) Nusamedia
Mull, A. (2017) 10 Things You Need to Know About Goyard’s Iconic Handbag History; https://www.purseblog.com/Goyard/Goyard-handbags-history/
Nash, D. (2017). Inside Goyard, the World’s Most Elusive Luxury Brand https://www.townandcountrymag.com/style/fashion-trends/a9884663/inside-Goyard- secret-luxury-fashion-brand/
Van Eymeren, M. (2016). Memahami Persepsi Visual: Sumbangan Psikologi Kognitif Dalam Seni Dan Desain. Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 7(2), 47-63.
https://doi.org/https://doi.org/10.31937/ultimart.v7i2.387
Weinschenk, S. (2011). 100 Thing Every Designer Needs to Know About People. New Riders. Barkeley. USA
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________________________
____________________________________________________________
Published by :
Department of Visual Communication Design Institut Teknologi Nasional Bandung
Address : PHH. Mustofa street 23 Bandung 40124
Contact : Phone 7272215 Fax 7202892
Email : rekamakna@itenas.ac.id
____________________________________________________________
This journal is licensed by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.