Kajian dan Penelitian Canva Sebagai Aplikasi Desain Pilihan Mahasiswa Seni

Dodik Setiono, Handriyotopo Handriyotopo

Abstract


Di era pembelajaran yang serba digital ini, berbagai macam kebutuhan dalam kegiatan pembelajaran atau karya yang dirancang khusus oleh mahasiswa seni menjadi fenomena tingginya permintaan dan minat mahasiswa untuk dapat menyajikan atau menyajikan tugas perkuliahan dengan baik. Mahasiswa seni adalah mahasiswa yang bekerja di bidang seni dan budaya, serta mempunyai kecenderungan melaksanakan kegiatan perkuliahan dengan kompetensi dan keterampilan yang fokus pada seni. Artikel ini berjudul Studi dan Riset Canva sebagai aplikasi desain pilihan bagi mahasiswa Seni. Penelitian jenis kuantitatif yang digunakan dalam artikel ini, menggunakan kuesioner dengan 2 populasi dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden. Objek penelitian adalah mahasiswa seni ISI Surakarta. Pada penelitian ini ditemukan separuh populasi mahasiswa merasa memilih menggunakan aplikasi Canva sebagai aplikasi desain pilihan, dan merasa Canva terbantu dalam menjalankan tugas perkuliahan sebagai mahasiswa.

Kata kunci: Canva, aplikasi desain, mahasiswa seni

 


ABSTRACT
In this all-digital learning era, various kinds of needs in learning activities or work specially designed by art students have become a phenomenon of high demand and interest for students to be able to present or present lecture assignments properly. Art students are students who work in the field of arts and culture, and who have a tendency to carry out lecture activities with competencies and skills that focus on the arts. This article is titled Canva Study and Research as the design app of choice for Art students. Quantitative type research was used in this article, using a questionnaire with 2 populations with a total sample of 30 respondents. The object of research was art students at ISI Surakarta. In this study, it was found that half of the student population felt that they chose to use the Canva application as the preferred design application, and felt that Canva was assisted in carrying out lecture assignments as a student.

Keywords: Canva, design application, art student


Full Text:

PDF

References


Zulfikar, F. (2022). DetikEdu. 6 Institusi Seni Terbaik di Indonesia Versi Webometrics, Ada Kampusmu?. Diakses pada Senin, 2 Januari 2023, melalui tautan: https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-6297224/6-institut-seni-terbaik-di-indonesia-versi-webometrics-ada-kampusmu

Institut Seni Indonesia Surakarta. Profil / Sejarah ISI Surakarta. Diakses pada Senin, 2 Januari 2023, melalui tautan: https://isi-ska.ac.id/1-creative/sejarah/#:~:text=ISI%20Surakarta%20pada%20mulanya%20adalah,untuk%20merintis%20perkembangan%20seni%20tradisional.

Tentang Canva. Memberdayakan Desain Untuk Dunia. Diakses pada Senin, 2 Januari 2023 melalui tautan: https://www.canva.com/id_id/about/

Neliwati. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Kajian Teori dan Praktek). Diakses pada Senin, 2 Januari 2023, melalui tautan: https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=QXGCEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=kajian+teori+penelitian+kuantitatif&ots=uoXEa_OBB_&sig=Y1dfeRMjIfQwtbAzdy5EmbGsFnI&redir_esc=y#v=onepage&q=kajian%20teori%20penelitian%20kuantitatif&f=true

Canva (n.d). Diakses melalui tautan: https://www.canva.com/about/

Maulana (n.d). Campuspedia: Canva untuk Pendidikan Buat Kamu Mahasiswa. Diakses pada Senin, 2 Januari 2023 melalui tautan: https://campuspedia.id/news/canva-untuk-pendidikan/

Supradaka. (2022). Pemanfaatan Canva Sebagai Media Perancangan Grafis. Jurnal IKRAITH-TEKNOLOGI Vol 6 No 1 Maret 2022, Hal 62 - 68.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang Sma/Ma. Jurnal Sasindo Unpam, Vol 8, No 2, Desember 2020. Hal 79-96.

Rahmasari, E. E., dkk. (2021). Kajian Usability Aplikasi Canva (Studi Kasus Pengguna Mahasiswa Desain. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia Vol. 07 No. 01 Februari 2021. http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/andharupa

Wulandari, T., M. & Adam. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA). Feburari, 2022. Vol. 2, No. 1. Hal 102-118.

Purba, A., Yusnita & Harahap, A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Hal 1325-1334.

Umi, F. H. T. (2022). Analisis Media Video Pembelajara Menggunakan Aplikasi Canva Dalam Pembelajaran Bangun Datar Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA 2022. Hal 8-16.

Afatara, N., Purnomo A. S. & Mataram, S. (2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap Seni Rupa Tradisi dan Kontemporer Serta Relasi Proses Penjelajahan Ide Kreatif Dalam Berkayra. Brikolase Vol. 10, No. 2, Desember 2018. Hal 101-118.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________________________

Indexed by:

____________________________________________________________

Published by :

Department of Visual Communication Design Institut Teknologi Nasional Bandung

Address : PHH. Mustofa street 23 Bandung 40124

Contact : Phone 7272215  Fax 7202892

Email : rekamakna@itenas.ac.id

____________________________________________________________

Flag Counter

View My Statistics

This journal is licensed by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License