Analisis Deskriptif Desain Totepack Kånken Fjällräven Berdasarkan Teori Fungsi

Mirza Hasna Shavira, Muhamad Agung Nugroho, Agustina Kusuma Dewi

Abstract


Fungsi tas telah berevolusi, mulai dianggap dapat menyimbolkan status seseorang. Totepack Kånken Fjällräven, semula dirancang untuk kesehatan anak- anak, kini, mulai menjadi simbol status. Dengan pendekatan kualitatif dan analisis deskriptif, penelitian yang menggunakan instrumen observasi dan studi pustaka ini bertujuan untuk mengidentifikasi sejauh mana pengembangan Totepack Kånken Fjällräven sebagai produk sekaligus praktik desain, memenuhi berbagai unsur dalam Teori Fungsi. Analisis dibangun secara multidisiplin, dari sudut pandang Desain Produk pada sisi perancangan, dan Desain Komunikasi Visual dari sisi elemen grafis dan interaksi pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilihan warna minimalis, material, dan desain bentuk yang mencerminkan konsep ergonomi dapat ditingkatkan sebagai salah satu upaya strategi komunikasi produk agar dapat diterima masyarakat di Indonesia secara lebih luas; dan, tata letak elemen visual serta pemilihan warna pada produk harus dirancang agar ke-khas-an Totepack Kånken Fjällräven dan nilai filosofi produknya mudah dipahami.
Kata kunci: totepack, teori fungsi, ergonomi, elemen grafis

 

ABSTRACT

Bags, nowadays, serve not only as containers for belongings but also symbolize one's status. Totepack Kånken Fjällräven, originally designed for children's well- being, has evolved into a status symbol. Using a qualitative approach and descriptive analysis, this research aims to assess the extent to which the development of Totepack Kånken Fjällräven, as both a product and a design practice, aligns with various elements of Function Theory. The analysis is multidisciplinary, considering Product Design in terms of creation and Visual Communication Design regarding graphic elements and user interaction. Findings suggest that enhancing color choices, materials, and ergonomic design could broaden the product's acceptance in Indonesian society. Additionally, visual elements and color choices should be designed to ensure Totepack Kånken Fjällräven's uniqueness and the understanding of its philosophical values.

Keywords: totepack, function theory, ergonomics, graphic elements


Full Text:

PDF

References


Dewi, A.K., et al. (2019). "Reinvensi ‘Gerak’ sebagai Kode Kultural dalam Budaya Visual berbasis Kearifan Lokal Nusantara Studi Kasus Film Setan Jawa Karya Garin Nugroho." Seminar Nasional Seni dan Desain 2019, Surabaya, Indonesia, September 2019. State University of Surabaya, 2019, pp. 55-60.

Fjallraven. (2013). KÃ¥nken Totepack. Dipetik 20 Desember 2023 dari https://www.fjallraven.com/us/en-us/bags-gear/kanken/kanken-bags/kanken-Totepack

Kotler, P. & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. Pearson.

Malik, I. Z. (2021). Perancangan Promosi Produk Alinea Leather Melalui Media Video Iklan. Tesis. Universitas Komputer Indonesia.

Yato, H. (2019). Sejarah Tas Kulit. Dipetik 20 Desember 2023, dari https://www.academia.edu/39961721/Sejarah_Tas_Kulit


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________________________

Indexed by:

____________________________________________________________

Published by :

Department of Visual Communication Design Institut Teknologi Nasional Bandung

Address : PHH. Mustofa street 23 Bandung 40124

Contact : Phone 7272215  Fax 7202892

Email : rekamakna@itenas.ac.id

____________________________________________________________

Flag Counter

View My Statistics

This journal is licensed by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License