Aplikasi Pengenalan Rambu Lalu Lintas Pada Anak Usia Dini
Sari
ABSTRAK
Pengenalan rambu-rambu lalu lintas pada usia dini sangat penting agar anak-anak terbiasa memperhatikan rambu rambu lalu lintas sedari kecil. Pengenalan rambu-rambu lalu lintas itu sendiri sudah diterapkan pada pendidikan taman kanak-anak namun masih dalam waktu yang cukup terbatas. Contohnya adalah TK Cendekia Bandung yang dalam satu tahun terdapat beberapa kali kunjungan ke taman lalu lintas AISN (Ade Irma Suryani Nasution) Bandung. Mereka kemudian diberi pengenalan dan pelajaran tentang rambu lalu lintas disana sambil mereka bermain di taman tersebut . Hal itu dilakukan karena kegiatan tersebut memang kegiatan yang terjadwal pada silabus pembelajarannya, yang merupakan kegiatan terjadwal di hari senin atau rabu. Akan tetapi, karena tidak bisa dilaksanakan setiap minggu TK tersebut ingin ada bantuan dalam pembelajaran pengenalan rambu lalu lintas yang dapat dilaksanakan setiap minggunya.. Tim Pengabdian Masyarakat ITENAS mencoba memberikan solusi dengan menawarkan pembuatan Aplikasi Pengenalan Rambu Lalu -Lintas Pada Anak Usia Dini , yang diharapkan dapat memberikan manfaat kepada khalayak banyak khususnya anak usia ini , yang di-tujukan adalah murid TK Cendekia Bandung. Metoda yang digunakan adalah pengenalan warna rambu-rambu lalu lintas melalui K-Means Clustering
ABSTRACT
Educating children on knowing the traffic signs is important role in order to obey the signs especially when their parents not supervised them anymore. The Traffic signs learning has been introduced at kindergarten but still in a faily limited time. For example , in every year, Cendekia Kindergarten doing several visit to The Traffic Park at Ade Irma Suryani Nasution Kindergarten Park., which more popular as Taman Lalu Lintas Bandung. They were later given a lesson about knowing the traffic sign there while they played in the park. These activity is continuing on every Monday or Wednesday according to their school program.However because it cannot been scheduled every week, the kindergarten propose assistants in learning the traffic sign that might be an alternative solution for kindergarten to fulfill their syllabus. The project team provide a solution by offering a start-up application for children in learning the traffic signs at early age, which was expect not only for the children but it will gain benefit for large audience especially for Cendekia Student and their Community.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Suweda,I.W.(2009).†Pentingnya Pengembangan Zona Selamat Sekolah Demi Keselamatan Bersama di Jalan Rayaâ€Jurnal Ilmiah Teknik Sipil . Vol 13 No 1, Januari 2009
Akbar,Y.,Hidayat., B.,Wibowo.,S.A.(2011). “Analisis Identifikasi Rambu Lalu Lintas dengan Pengolahan Citra Digital Menggunakan Metode Template Matching†Buku Tugas Akhir.Telkom University Bandung
Prasetyo, P.A, et al (2019)."Tampilan Penentuan Model Lajur Pada Self-Driving Car Menggunakan Hough Transform Dan Kuantisasi Warna K-Means ", 11 Nov. 2019, j- ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6687/3231.
Effendy, F. et al (2014).†Implementasi Fitur Geometrid an K-Means Pada Perhitungan dan Segmentasi Sel Darah Merah Bertumpuk “ , 11 November 2014 , docplayer.info/42591852-Implementasi-fitur-geometri-dan-k- means-pada- perhitungan-dan-segmentasi-sel-darah-merah-bertumpuk.html.
Baharsyah, A,N., et al (2017) “ Cari Tahu Apa Bedanya Supervised vs Unsupervised Learning†10 Oktober 2017 www.jagoanhosting.com/blog/cari-tahu-apa-bedanya-supervised-vs- unsupervised-learning/.
Ahadli,T. (2020) “ A Friendly Introduction to K-Menas Clustering Algorithm.†Mediun, Medium, 7 Januari 2020, medium.com/@tarlanahad/a-friendly-to-introduction-to-k-menas-clustering-algorithm-b31ff7df73f1
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Alamat redaksi dan tata usaha:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Nasional Bandung
Fakultas, Gedung 14 Lantai 2
Jl. PHH. Mustapa 23 Bandung 40124
Tlp. 022-7272215 Pes. 159, Fax. 022-7202892,
e-mail: rekakarya@itenas.ac.id
Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.