Pengembangan Kuesioner Daring Yang Terotomasi Untuk Pengukuran Kualitas Layanan Departemen Food & Beverage Hotel di Bandung

Bunga Nirmala Widodo, Lulu Renata Azalia, R. Cahyadi Nugraha

Sari


ABSTRAK
Kualitas layanan merupakan suatu perhatian utama bagi Resto M yang merupakan bagian dari Departemen Food and Beverage suatu Hotel di Bandung. Untuk menjaga kualitas layanan ini, pihak hotel telah berusaha mengembangkan butir-butir pertanyaan kuesioner untuk menerima masukan dan komentar dari pelanggan. Proses pemasukan dan pengolahan data dari kuesioner tersebut saat ini dilakukan secara manual, sehingga dirasakan kurang efisien dan menjadi beban pekerjaan terutama pada saat jam sibuk. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang ditulis dalam makalah ini telah menghasilkan suatu perangkat lunak kuesioner daring yang dilengkapi otomasi dalam pengolahan datanya. Otomasi kuesioner daring dilakukan dengan menggunakan teknologi App Script. Dengan perangkat ini, hasil pendataan masukan pelanggan dan pengolahan datanya dapat dilakukan dengan sangat cepat sehingga memudahkan pihak manajemen hotel untuk mendapatkan informasi hasil kuesioner tersebut.

Kata kunci: kualitas layanan; food and beverage; hotel; perangkat lunak


ABSTRACT
Service quality is a major concern for Resto M, which is part of the Food and Beverage Department of a hotel in Bandung. To maintain this service quality, the hotel has tried to develop questionnaire items to receive feedback and comments from customers. The process of entering and processing data from the questionnaire is currently done manually, so it is felt to be less efficient and a burden of work, especially during peak hours. The community service activity written in this paper has produced an online questionnaire software that is equipped with automation in data processing. Automation of online questionnaires is done using App Script technology. With this online software, the results of customer input data collection and data processing can be done very quickly, making it easier for hotel management to get information on the results of the questionnaire.

Keywords: service quality; food and beverage; hotel; software


Kata Kunci


kualitas layanan; food and beverage; hotel; perangkat lunak, service quality; food and beverage; hotel; software

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., & Berry, L. L. (1990). “Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions and Expectations”. Simon and Schuster.

Kotler, P., Armstrong, G., (1994). “Principles of Marketing”. Prentice-Hall.

Google, (2023), Apps Script - Automate & extend Google Workspace with simple code, https://developers.google.com/apps-script diakses 1 November 2023.

Rahman, A., (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjadwalan Menggunakan Google Apps Script Pada Politeknik Kampar. Skripsi. Fakultas Sains Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Katamin, M., Aulia, S., & Suliyono, S. (2023). Perancangan Bot Telegram Untuk Pengamanan Kunci Optical Distribution Cabinet (ODC


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Alamat redaksi dan tata usaha:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Nasional Bandung
Fakultas, Gedung 14 Lantai 2
Jl. PHH. Mustapa 23 Bandung 40124
Tlp. 022-7272215 Pes. 159, Fax. 022-7202892,
e-mail: rekakarya@itenas.ac.id


 STATISTIK PENGUNJUNG

Flag Counter

 

Lihat Statistik Pengunjung

Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License