Perancangan AR Sebagai Media Edukasi Mengenai Sampah pada Anak-Anak Kampung Braga

Harry Ruben Chandra, Eka Noviana, Sri Retnoningsih

Sari


ABSTRAK

Kampung Braga yang terletak di daerah wisata favorit Kota Bandung, memilki permasalahan sampah yang belum terurai, bahkan pada bulan Januari 2024 masyarakat Kampung Braga terkena musibah banjir. Bencana ini tentunya menjadi pengalaman pahit, terutama bagi anak-anak di Kampung Braga. Proyek pengabdian masyarakat yang bermitra dengan Braga Heritage ini dilakukan untuk mencoba mengajak masyarakat sekitar agar mau berpartisipasi dalam merancang solusi, dimana hasil pemikiran masyarakat sekitar direspons kembali melalui media Augmented Reality. Hasil dari kolaborasi ini didapatkan total 16 karya Augmented Reality. Karya-karya tersebut dipamerkan di ruang terbuka RW 08 dan diujicobakan secara langsung dengan target sasaran, yaitu anak-anak SD. Interaksi dan sifat imersif yang ditawarkan dari media Augmented Reality mengundang pengguna untuk terlibat secara aktif dengan media dan akhirnya bisa memahami konten pesan. Hal ini dibuktikan dalam kurun waktu karya Augmented Reality tentang sampah di Kampung Braga tersebut telah diakses sebanyak 1400 kali.

Kata kunci: Augmented Reality, Perancangan, Anak – Anak, Kampung Braga, Efektifitas


Kata Kunci


Augmented Reality, Perancangan, Anak – Anak, Kampung Braga, Efektifitas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akhrian Syahidi, A., Tolle, H., Afif Supianto, A., & Arai, K. (2019). AR-Child: Analysis, Evaluation, and Effect of Using Augmented Reality as a Learning Media for Preschool Children.

Bunga Hendra Asmara. (2015). PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP SAMPAH.

Dewandono, W. A., Sutiyarti, U., & Saragih, F. A. (2024). Development of Learning Media Based on Augmented Reality (AR) Instagram Filter in Shokyu Hyoki 1. Journal of Japanese Language Education and Linguistics, 8(1), 63–76. https://doi.org/10.18196/jjlel.v8i1.20628

Esron Rikardo Nainggolan. (2018). The Implementation of Augmented Reality as Learning

Media in Introducing Animals for Early Childhood Education.

Fitria, T. N. (2023). Augmented Reality (AR) and Virtual Reality (VR) Technology in Education: Media of Teaching and Learning: A Review. In International Journal of Computer and Information System (IJCIS) Peer Reviewed-International Journal (Vol. 04). https://ijcis.net/index.php/ijcis/indexJournalIJCIShomepage- https://ijcis.net/index.php/ijcis/index

Komang, I., Putra, A. M., Angga, K., & Astina, D. (2019). PEMANFAATAN MEDIA INSTAGRAM MULTIPLE POST SEBAGAI SARANA EDUKASI BERBASIS VISUAL BAGI WARGANET. In Jurnal Nawala Visual (Vol. 1, Issue 2). Online. https://jurnal.std- bali.ac.id/index.php/nawalavisual

Muhammad Hakam. (2022). Edukasi Pemilahan Sampah Bagi Anak Sekolah Dasar di Desa

Giripurno Kecamatan BumiajiKota Batu. 2, 1–6.

Sari, I. P., Kartina, A. H., Pratiwi, A. M., Oktariana, F., Nasrulloh, M. F., & Zain, S. A. (2020). Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class Di Kampus UPI Cibiru. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(1), 45–55. https://doi.org/10.17509/edsence.v2i1.25131


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Alamat redaksi dan tata usaha:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Nasional Bandung
Fakultas, Gedung 14 Lantai 2
Jl. PHH. Mustapa 23 Bandung 40124
Tlp. 022-7272215 Pes. 159, Fax. 022-7202892,
e-mail: rekakarya@itenas.ac.id


 STATISTIK PENGUNJUNG

Flag Counter

 

Lihat Statistik Pengunjung

Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License