Penyusunan Strategi untuk Mepertahankan Keberlanjutan Usaha batik Kauman Solo

Feby Febrian, Granit Agustina

Sari


ABSTRAK

Kampung Batik Kauman Solo merupakan salah satu sentra batik tertua di Indonesia yang memiliki nilai historis dan kultural tinggi sebagai warisan Keraton Surakarta. Namun, keberlanjutannya menghadapi tantangan serius seperti persaingan dari batik printing, perubahan selera konsumen, serta keterbatasan sumber daya dan infrastruktur. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) ini bertujuan mendampingi pelaku IKM Batik Kauman dalam mengidentifikasi permasalahan dan merumuskan strategi pengembangan yang berkelanjutan. Pendekatan yang digunakan adalah partisipatif-kolaboratif melalui wawancara semiterstruktur dan observasi lapangan. Data dianalisis menggunakan kerangka 7P, PESTEL, Model Diamond Porter, dan SWOT. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengembangan Batik Kauman dapat diarahkan melalui strategi peningkatan nilai wisata budaya, modernisasi infrastruktur, diversifikasi produk, dan penguatan kelembagaan komunitas. Strategi disusun dengan mempertimbangkan potensi lokal, dinamika pasar, serta kelayakan implementasi berbasis kolaborasi multipihak.

 Kata kunci: Batik Kauman Solo, Strategi Pengembangan, Analisis SWOT


Kata Kunci


Batik Kauman Solo, Strategi Pengembangan, Analisis SWOT

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Budiyanto, S., Anies, A., Purnaweni, H., & Sunoko, H. R. (2018). Environmental analysis of the impacts of batik waste water pollution on the quality of dug well water in the batik industrial center of Jenggot Pekalongan City. E3S Web of Conferences, 31, 09008. https://doi.org/10.1051/e3sconf/20183109008

DeJonckheere, M., & Vaughn, L. M. (2019). Semi-structured interviewing in primary care research: A balance of relationship and rigour. Family Medicine and Community Health, 7(2), e000057. https://doi.org/10.1136/fmch-2018-000057

Gürel, E., & Tat, M. (2017). SWOT analysis: A theoretical review. The Journal of International Social Research, 10(51), 994–1006. https://doi.org/10.17719/jisr.2017.1832

Johnson, G., Scholes, K., & Whittington, R. (2008). Exploring Corporate Strategy (8th ed.). Pearson Education.

Khasanah, U., & Nurjayanti, D. (2023). Penguatan Ekonomi Kreatif Melalui Strategi City Branding di Sentra Batik Kauman Kota Surakarta. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik Indonesia (JEKPI), 10(1), 516–522.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Porter, M. E. (1990). The Competitive Advantage of Nations. Free Press.

Rahadi, R. A., Rahmawati, D., Windasari, N. A., & Belgiawan, P. F. (2020). The Analysis of Consumers’ Preferences for Batik Products in Indonesia. Review of Integrative Business and Economics Research, 9(Supplementary Issue 1), 278–287.

Wijaya, Y.R.M., dan Isawati, S. (2016). Kawasan Kampung Batik Kauman sebagai Sumber Pembelajaran IPS di SMP, Jurnal CANDI, 14(2), 98-119.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Alamat redaksi dan tata usaha:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Nasional Bandung
Fakultas, Gedung 14 Lantai 2
Jl. PHH. Mustapa 23 Bandung 40124
Tlp. 022-7272215 Pes. 159, Fax. 022-7202892,
e-mail: rekakarya@itenas.ac.id


 STATISTIK PENGUNJUNG

Flag Counter

 

Lihat Statistik Pengunjung

Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License