Kajian Pengadaan, Penerapan dan Pemeliharaan Material Konstruksi Bambu pada Studio Akanoma Ditinjau dari Aspek Sustainable

Nanang Suherman, Ilhamita Tripuspa Ayu, Difa Afifah Rahma Sari, Hendri Yana Sudarman, Agria Tria Noviandisti

Sari


Abstrak

Kajian pengadaan, penerapan pada konstruksi, serta pemeliharaan material bambu pada studio Akanoma ditinjau dari aspek sustainable bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan sebuah material, khususnya bambu, pada sebuah bangunan, lingkungan, sosial dan ekonomi. Aspek tersebut adalah aspek penting dalam sustainable mengingat material adalah salah satu elemen yang paling berpengaruh pada bangunan, serta material sendiri menjadi sumber pengeksploitasian lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dimana pada penelitiannya bersifat kualitatif yang dikuantitatifkan. Tujuan dari kualitatif yang dikuantitatifkan ini adalah untuk mengetahui seberapa besar nilai dari masing-masing proses dikaitkan dengan aspek sustainable material.

Kata kunci : sustainable material, bambu, pengadaan, penerapan pada konstruksi, pemeliharaan.

Abstract

The study of procurement, application to construction, and maintenance of bamboo in studio Akanoma reviewed by sustainable aspect aims to know how much the influence of material, particulary to bamboo, on the buillding, enviroment, social, and economy. That aspects is really important in sustainable remembered that materials are one of the element that influenced the building and also material it self becoming environment exploitation source. This research using a descriptive method where in this research the qualitative data become quantitative. The aims of the qualitatve data becoming quantitative is to know how much each process associated with sustainable materials aspects.

Key word : sustainable materials, bamboo, procurement, application to construction, maintenance.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26760/rekakarsa.v2i1.453

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN elektronik 2338-6592

Diterbitkan oleh :
Program Studi Arsitektur, Fakultas Arsitektur dan Desain,
Institut Teknologi Nasional Bandung
Alamat : Gedung 17 Lantai 1 Jl. PHH. Mustofa 23 Bandung 40124
Kontak : Tel. 7272215 (ext. 151) Fax. 7202892
Email : rekakarsa@itenas.ac.id


Terindeks :

  


Didukung Oleh :

  


Kerja Sama :

aptari  IAI-Jawa Barat



Jurnal ini terlisensi oleh  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License