Penerapan Tema Festive Pada Kosambi Chic Avenue Di Segitiga Emas Kosambi Bandung
Sari
ABSTRAK
Segitiga Emas Kosambi di Bandung merupakan kawasan strategis dengan berbagai tantangan, seperti kepadatan penduduk, minimnya ruang hijau, dan kemacetan lalu lintas yang cukup parah. Selain itu, nilai properti di kawasan ini belum meningkat secara optimal, meskipun memiliki potensi besar sebagai pusat aktivitas ekonomi dan gaya hidup. Sebagai solusi, kawasan ini akan dirancang proyek bangunan komersial dengan tema arsitektur festive yang mengusung konsep "Kosambi Chic Avenue Sebagai Destinasi Urban Stylish dan Inovatif" yang berfokus pada bangunan komersial mall fashion. Bangunan ini didesain secara vertikal untuk menghemat lahan, sekaligus mengintegrasikan ruang publik hijau, area retail, dan kafe guna menciptakan suasana yang lebih hidup. Elemen arsitektur yang diterapkan mencakup warna cerah, pencahayaan interaktif, serta desain atraktif yang dinamis dan inklusif. Dengan adanya proyek ini, Kosambi Chic Avenue diharapkan menjadi pusat perbelanjaan yang memenuhi kebutuhan gaya hidup modern yang inovatif, mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, serta menyediakan ruang kota yang lebih nyaman dan ramah bagi masyarakat, baik untuk berbelanja, bersantai, maupun berinteraksi sosial.
Kata kunci: arsitektur festive , bandung, bangunan komersial, chic avenue, segitiga emas kosambi.
ABSTRACT
The Kosambi Golden Triangle in Bandung is a strategic area facing several challenges, such as high population density, a lack of green spaces, and severe traffic congestion. Additionally, property values in this area have not yet increased optimally, despite its great potential as a hub for economic and lifestyle activities. As a solution, a commercial building project will be developed with a festive architecture theme, embracing the concept of "Kosambi Chic Avenue as a Stylish and Innovative Urban Destination." This project will focus on a fashion mall, designed vertically to optimize land use while integrating green public spaces, retail areas, and cafes to create a more vibrant atmosphere. The architectural elements will feature bright colors, interactive lighting, and dynamic, inclusive designs. With this project, Kosambi Chic Avenue is expected to become a shopping center that meets the needs of a modern and innovative lifestyle, stimulates local economic growth, and provides a more comfortable and welcoming urban space for the community—whether for shopping, relaxing, or social interaction.
Keywords: festive architecture, bandung, commercial building, chic avenue, segitiga emas kosambi
Kata Kunci
Referensi
A. Sebastian Hakim and A. Syoufa, “PENERAPAN PRINSIP ARSITEKTUR MODERN PADA BENTUK DAN MATERIAL FASAD BANGUNAN KOMERSIAL (STUDI KASUS : MAL CIPUTRA TANGERANG).”
T. N. Kumala and A. F. Priyatmono, “ANALISIS PENERAPAN PRINSIP ARSITEKTUR MODERN PADA BANGUNAN KOMERSIAL AWAN HEAD QUARTER DI SEMARANG.” [Online]. Available: http://siar.ums.ac.id/
I. W. Wardhana and R. Haryanto, “KAJIAN PEMANFAATAN RUANG KEGIATAN KOMERSIAL KORIDOR JALAN TAMAN SISWA KOTA SEMARANG,” Jurnal Pengembangan Kota, vol. 4, no. 1, p. 49, Oct. 2016, doi: 10.14710/jpk.4.1.49-57.
C. Sastania Putri, “Penerapan Konsep Arsitektur Hijau pada Mall Outdoor The Breeze BSD City Catur Sastania Putri, Refranisa PENERAPAN KONSEP ARSITEKTUR HIJAU PADA MALL OUTDOOR THE BREEZE BSD CITY.”
A. I. Kosanti and A. Dwiyanto, “KAJIAN TERHADAP FASAD MALL DI SEMARANG,” MODUL, vol. 18, no. 2, p. 101, Nov. 2018, doi: 10.14710/mdl.18.2.2018.101-107.
P. Nisaka Imam Santosa, K. Kunci, and G. Hidup, “Jurnal Tingkat Sarjana bidang Senirupa dan Desain MALL SEBAGAI FASILITAS BISNIS (STUDI KASUS FPOD FX LIFESTYLE ; (17(5 JAKARTA).”
J. Desain, S. Rupa, and D. Desain, “PERUBAHAN MAKNA DAN PERSEPSI MASYARAKAT DI KOTA BESAR TERHADAP RUANG PUBLIK (STUDI KASUS: PUSAT PERBELANJAAN DI KOTA BANDUNG) THE CHANGE OF MEANING AND PERCEPTION’S METROPOLIS SOCIETY CONCERNING TO THE PUBLIC SPACE (CASE STUDY: SHOPPING CENTER AT BANDUNG CITY) DEWI ISMA ARYANI *),” 2009. [Online]. Available: http://www.ciputra.com
F. K. Aritonang, A. E. Prihatini, and A. Budiatmo, “PENGARUH KENYAMANAN PUSAT PERBELANJAAN DAN TENANT PENGISI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA KOTA KASABLANKA MALL JAKARTA,” 2023. [Online]. Available: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab
H. H. Setianingrum, D. Ayu, and R. Natalia, “PERANCANGAN SHOPPING MALL DI KOTA SEMARANG DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR ATRAKTIF.” [Online]. Available: https://joss.co.id
R. Nurfaizatin and D. Ayu Safitri, “KAJIAN KONSEP ARSITEKTUR FUTURISTIK PADA BANGUNAN QUEEN CITY MALL SEMARANG,” 2024.
DOI: https://doi.org/10.26760/rekakarsa.v13i2.13457
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
ISSN elektronik 2338-6592
Diterbitkan oleh :
Program Studi Arsitektur, Fakultas Arsitektur dan Desain,
Institut Teknologi Nasional Bandung
Alamat : Gedung 17 Lantai 1 Jl. PHH. Mustofa 23 Bandung 40124
Kontak : Tel. 7272215 (ext. 151) Fax. 7202892
Email : rekakarsa@itenas.ac.id
Terindeks :
Didukung Oleh :

Kerja Sama :
Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



