FORMULASI STRATEGI MENGHADAPI PERSAINGAN INDUSTRI KULINER PADA EINS BISTRO & BOUTIQUE DI BANDUNG

Ria Triani Putri, Dwi Novirani, Dwi Kurniawan

Sari


Makalah ini membahas mengenai formulasi strategi pada Eins Bistro & Boutique dalam persaingan di bidang industri kuliner. Dalam merumuskan strateginya dibutuhkan data pada faktor eksternal dan faktor internal Eins Bistro & Boutique. Faktor-faktor tersebut nantinya akan dihitung bobotnya pada matriks EFE dan matrik IFE dalam tahap pengumpulan data. Untuk merumuskan strategi dilakukan tahap analisis dengan menggunakan tiga alat analisis yaitu matriks GE, matriks IE dan matriks SWOT. Kemudian ketiga analisis tersebut digabung untuk dilakukan tahap pengambilan keputusan dengan menggunakan QSPM yang nantinya akan menghasilkan strategi untuk diimplementasikan pada Eins Bistro & Boutique agar dapat bersaing dengan pesaingnya. Hasil dari formulasi strategi ini yaitu berupa strategi bersaing untuk Eins Bistro & Boutique di industri kuliner khususnya di Kota Bandung.

Kata Kunci: Formulasi Strategi, GE, IE, SWOT, QSPM

 

ABSTRACT

This paper discusses about strategy formulation on Eins Bistro & Boutique in the face of competition in culinary industry fields. In formulating his strategy needed data on external and internal factors of Eins Bistro & Boutique. Those factors will be counted matrix does it weigh in EFE and matrix IFE in the stage of data collection. To formulate the strategies carried out analysis using three-stage analysis tool i.e GE matrix, SWOT matrix, and IE matrix. Then a third analysis combined to do the decision-making stage using QSPM that would later produce the strategy to be implemented on Eins Bistro & Boutique to be able to compete with its competitors. The result of the formulation strategy is to take form of competitive strategy for Eins Bistro & Boutique in the culinary industry especially in Bandung.

Keywords: Strategy Formulation, GE, IE, SWOT, QSPM


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.