RANCANGAN PERANGKAT PENGATUR ANTREAN KASIR DAN CUSTOMER CARE DI PT ORINDO ALAM AYU

Akbar Perwira Utama, Rispianda Rispianda, Cahyadi Nugraha

Sari


PT. Orindo Alam Ayu merupakan cabang di Indonesia dari  perusahaan kosmetik Oriflame Sweden berupaya untuk meningkatkan pelayanan, seiring dengan bertambahnya jumlah konsumen. Salah satu bentuk upaya tersebut adalah dengan menerapkan sistem antrean yang mudah untuk di gunakan. Kekurangan sistem antrean yang berlaku diantaranya proses pencatatan waktu aktivitas antrean secara manual, pemanggilan nomor antrean dengan manual, serta penyampaian informasi status nomor antrean yang dilakukan dengan manual. Untuk mengakomodir sistem antrean dapat menggunakan perangkat sistem antrean secara resmi dipasaran namun harus mengeluarkan biaya yang cukup besar sehingga perusahaan membutuhkan sistem perangkat antrean yang dapat diperoleh sesuai dengan perangkat keras yang ada sehingga tidak mengeluarkan biaya yang tinggi. Makalah ini membahas mengenai rancangan pengatur antrean untuk mempermudah perusahaan dalam memberikan sistem antrean pelayanan yang lebih baik dan memperoleh data performansi sistem antrean tersebut.

Kata kunci: PT. Orindo Alam Ayu, Oriflame Sweden, Antrean, Perangkat Pengatur Antrean

 

ABSTRACT

PT. Orindo Alam Ayu a branch in Indonesia from cosmetics company Oriflame Sweden seeks to improve services, along with increasing numbers of consumers. One form of such efforts is to implement a queue system that is easy to use. Disadvantages queue system that applies such activity queue time recording process manually, dialing a line number by manually, and delivery status information line number is done by hand. To accommodate the queue system can use the queue system is officially on the market, but must pay a large enough so that the company requires the queue system which can be obtained in accordance with the existing hardware so it does not cost very high. This paper discusses the design of queue system to facilitate the company in providing the service queue system better system performance and obtain data on the queue.

Keywords: PT. Orindo Alam Ayu, Oriflame Sweden, queue, queue system

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.