PENINGKATAN KUALITAS PRODUK KERUDUNG INSTAN MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA (STUDI KASUS DI CV X)
Sari
CV X adalah perusahaan yang memproduksi aneka kerudung sebagai produk utama. Salah satu jenis kerudung adalah kerudung instan, yang saat ini, jumlah produk cacatnya cukup tinggi. Untuk meningkatkan kualitas produk, dalam penelitian ini, digunakan metode Six Sigma dan The Seven Management and Planning Tools. Berdasarkan data cacat sebelum perbaikan, diperoleh DPMO sebesar 5470,544, nilai sigma sebesar 4,044575, dan kerugian finansial sebesar Rp186.187.500 (11,09%). Interrelationship digraph dan diagram pohon menghasilkan enam usulan untuk CV X. Dua usulan yang diterapkan adalah menyediakan area khusus penyimpanan kain retur dan membuat revisi layout gudang kain. Berdasarkan data cacat setelah perbaikan, diperoleh DPMO sebesar 1997,175, nilai sigma sebesar 4,378608, dan kerugian finansial sebesar Rp267.951.000 (7,25%).
Kata kunci: kualitas, produk cacat, Six Sigma, The Seven Management and Planning Tools
Â
ABSTRACT
CV X is a company that produces a variety of veil as the main product. One of veil variant is an instant veil, that currently, its defective is high enough. To improve the product quality, in this study, the Six Sigma method and The Seven Management and Planning Tools are used. Based on the defective data before improvement, resulted DPMO amounted 5470,544, sigma value amounted 4,044575, and financial loss amounted Rp186.187.500 (11,09%). Interrelationship digraph and tree diagrams earned six solutions for CV X. Two solutions that implemented are providing a special area of the storage fabric returns and make revisions fabric warehouse layout. Based on the defective data after improvement, resulted DPMO amounted 1997,175, sigma value amounted 4,378608, and financial loss amounted Rp267.951.000 (7,25%).
Keywords: quality, defective product, Six Sigma, The Seven Management and Planning Tools
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.