PENERAPAN KONSEP LEAN SERVICE DAN DMAIC UNTUK MENGURANGI WAKTU TUNGGU PELAYANAN
Sari
Kepuasan konsumen merupakan hal penting karena dapat membuat konsumen kembali menggunakan jasa yang pernah diterimanya.Kepuasan konsumen pada Fijar Alpasa Salon masih kurang mendapat perhatian dengan masih adanya permasalahan pada proses pelayanan. Salah satu permasalahan di Fijar Alpasa Salon adalah pada proses pewarnaan yang masih terdapat pemborosan pada pengerjaannya dan berdampak pada waktu tunggu yang semakin lama. Konsep yang dapat digunakan untuk mengurangi pemborosan yaitu lean service dan konsep untuk melakukan improvement yaitu DMAIC. Alat-alat yang digunakan yaitu value stream mapping, eliminasi waste, dan 5 why. Tahapan yang digunakan yaitu define, measure, analyze, improve, dan control.Pada penelitian didapat waktu proses pada value stream mapping current state sebesar 3064 detik sedangkan waktu proses pada value stream mapping future state sebesar 2968 detik. Terdapat pengurangan waktu proses sebesar 3,13%.
Â
Kata kunci:Lean service, DMAIC, value stream mapping.
Â
ABSTRACT
Costumer statisfaction in a service is really important, because it can make the customer feel satisfied and they will come back to use the service. Consumer satisfaction at Salon Alpasa Fijar still less attention to the persistence of the problems in the process of service.One of the problem in Fijar Alpasa Salon was on the coloring process, which is there are a waste on the treatment and it’s affected the lay time was getting longer.Concept that can be used to reduce the waste of the lean service and concept to the DMAIC improvement. The tools used are value stream mapping, waste elimination, and 5 why. Stages were used that define, measure, analyze, improve, and control.Process time on value stream mapping current state was 3064 second while process time on value stream mapping future state was 2968 second. There was a reduction of process time 3,13%.
Keywords:Lean service, DMAIC, value stream mapping.
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.