USULAN STRATEGI PENINGKATAN PRODUKTIVITAS BERDASARKAN HASIL ANALISIS PENGUKURAN OBJECTIVE MATRIX (OMAX) PADA DEPARTEMEN PRODUKSI TRANSFORMER

Lendy Alferi Silalahi, Rispianda Rispianda, Yuniar Yuniar

Sari


Pertumbuhan jumlah permintaan dan tuntutan menjaga kualitas produk tetap baik menjadi tantangan bagi PT. XYZ untuk bersaing di dunia manufaktur. Untuk itu diperlukan pengukuran produktivitas produksi dan usulan strategi peningkatan produktivitas di masa yang akan datang. Model pengukuran produktivitas di PT. XYZ menggunakan model Objective Matrix (OMAX) dengan kriteria produktivitas yang diukur yaitu rasio utilitas jam kerja, konsumsi energi listrik, utilitas tenaga kerja, rasio produk cacat, rasio produk baik, dan rasio kerusakan mesin. Pengukuran Objective Matrix (OMAX) menunjukkan rasio 1 (utilitas jam kerja) adalah kriteria produktivitas yang nilainya dominan berada dibawah standar. Rasio tersebut akan dianalisis menggunakan Logic Tree Diagram untuk mendapatkan usulan strategi peningkatan produktivitas.

 

Kata kunci: Produktivitas, Indeks Performansi, Objective Matrix (OMAX)

ABSTRACT

Growth in the number of requests and the demands of maintaining good product quality remains a challenge for PT. XYZ to compete in the world of manufacturing. It is necessary for the production and productivity measures proposed in the strategy of increased productivity future. Productivity measurement models in the PT. XYZ uses the model Objective Matrix (OMAX) with criteria that measured productivity is the ratio of hours worked utilities, electrical energy consumption, utility workers, defective product ratio, the ratio of good products, and the ratio of engine damage. Objective Measurement Matrix (OMAX) shows the ratio of 1 (utility work hours) is the dominant criterion value productivity is below standard. The ratio will be analyzed using the Logic Tree Diagram for the proposed strategy to get an increase in productivity.

 

Keywords: Productivity, Index of performance, Objective Matrix (OMAX)



Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.