Usulan Perbaikan Kualitas Pelayanan Service Kendaraan Bermotor Menggunakan Metode Service Quality Di Dealer Yamaha Cicadas

RURIN MIRA NINDYA, Sugih Arijanto, GITA PERMATA LIANSARI

Sari


Saat ini perusahaan-perusahaan jasa sedang menghadapi persaingan yang sangat ketat. Setiap perusahaan tersebut terus mencari cara untuk menarik pelanggan dan mengungguli para pesaing mereka. Demikian pula saat ini, banyak perusahaan menawarkan pelayanan service kendaraan bermotor di dealer-dealer ternama, seperti dealer Yamaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan usulan perbaikan kepada perusahaan untuk mencapai tingkat pelayanan yang diharapkan oleh pelanggan dan merancang strategi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan sehingga kepuasan pelanggan dapat terpenuhi. Pengukuran tingkat kepuasan pelayanan jasa perusahaan dilakukan dengan menggunakan metode service quality atau servqual. Penelitian ini menghasilkan rata-rata nilai gap 5 sebesar -0,066, gap 1 sebesar 0,583, gap 2 sebesar -0,273, dan gap 3 sebesar -0,230. Walaupun pihak manajemen sudah memahami bahkan melampaui harapan pelanggan, standar-standar sudah disusun dengan jelas dan direalisasikan, namun, pada pelaksanaannya perusahaan kesulitan untuk mencapai standar secara konsisten.

Kata kunci: Kepuasan Pelanggan, Service Quality (SERVQUAL), Usulan Perbaikan

Abstract

The service companies are facing very tough competition currently. Each of these companies are constantly looking for ways to attract customers and outperform their competitors. Today, many companies offer services in the service of motor vehicles reputable dealers, such as the Yamaha dealer. This study aims to analyze and propose improvements to the company to achieve the level of service expected by the customer and devise a strategy to meet the needs of customers so that customer satisfaction can be met. Measuring the level of satisfaction of services performed by the company using the service quality or servqual. This study resulted in an average value of gap 5 is -0.066, gap 1 is 0.583, gap 2 is -0.273, and -0.230 for gap 3. Although management has to understand even exceed customer expectations, standards have been drawn up clearly and realized, however, the company difficult to achieve standards consistently in its practice.

Keywords: Customer Satisfaction, Service Quality (SERVQUAL), Proposed Improvements


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.