Analisis Kelayakan Investasi Harumi “Home Spa†Di Kota Bandung
Sari
Tingkat stress penduduk perkotaan mulai meningkat hal ini disebabkan oleh padatnya aktivitas dan padatnya arus lalu lintas yang ada. Maka dari itu spa menjadi salah satu alternatif untuk relaksasi agar pikiran kembali relaks. Dengan adanya peluang tersebut maka harumi home spa didirikan untuk membuat para konsumen menjadi merasa lebih puas dan dimanjakan karena tidak perlu pergi keluar rumah untuk mendapatkan jasa spa. Melihat adanya kendala yang disebabkan bentuk usaha yang masih baru dan adanya kompetitor yang hanya bertahan sebentar dalam menjalankan usaha yang sejenis, maka dibutuhkan sebuah studi mengenai analisis kelayakan investasi. Metode untuk menganalisis peluang investasi ini dilakukan dengan lima aspek penelitian yaitu aspek pasar, aspek teknis, aspek legal, aspek sumber daya manusia, dan aspek finansial. Hasil penelitian analisis kelayakan ini layak untuk diimplementasikan. Dengan target penjualan 2.811 orang/tahun, payback period (PP) 1 tahun 2 bulan, net present value (NPV) Rp.208.602.293,-, dan interest rate of return (IRR) 81,5%.
Kata kunci: Analisis Kelayakan Investasi, Spa, Harumi Home Spa
AbstractStress level of citizen began to increase it is due to the density of activity and density of the existing traffic flow. Thus it becomes an alternative spa for relaxation for the mind back relaxed. Given these opportunities then Harumi was established to create a home spa consumers become more satisfied and pampered because it does not need to go out of the house to get spa services. Seeing constraints caused fledgling establishment and existence of competitors who only a short time in running similar businesses, it takes a study on the feasibility analysis of investment. Methods for analyzing investment opportunities is done by five aspects , namely aspects of market research, technical aspects, legal aspects, aspects of human resources, and financial aspects. The results of the analysis of the feasibility study is feasible to implement. With a sales target of 2,811 person/year, the payback period (PP) 1 year 2 months, net present value (NPV) Rp.208.602.293,-, and the interest rate of return (IRR) of 81.5%.
Keywords: Analyzing Investment, Spa, Harumi Home Spa
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.