OPTIMISASI WAKTU PENGGANTIAN KOMPONEN PADA LOKOMOTIF DE CC 201 SERI 99 MENGGUNAKAN METODA AGE REPLACEMENT DI PT. KERETA API INDONESIA

Juliandi Wirawan Krisnadi, Kusmaningrum Soemadi, Fifi Herni Mustofa

Sari


ABSTRAK

PT.KAI merupakan perusahaan Transportasi Kereta api di Indonesia. Proses perawatan di bengkel Dipo adalah melakukan kegiatan  perawatan pencegahan. Salah satu kegiatan utama yang dilakukan adalah penggantian pencegahan komponen. Tujuan penelitian ini ialah melakukan optimisasi penggantian komponen lokomotif DE CC 201 seri 99, menggunakan model age replacement. Terdapat 44 komponen yang sering mengalami kerusakan, kemudian menggunakan diagram pareto terpilih 23 komponen yang merupakan komponen kritis. Selanjutnya yang dipertimbangkan hanyalah komponen yang memiliki laju kerusakan meningkat terhadap waktu, dan berdasarkan laju kerusakan yang paling tinggi ditetapkan obyek penelitian yaitu roda tiga hingga roda enam, dan radiator.  Solusi model menghasilkan penggantian roda optimal adalah 54 hari, dan penggantian radiator optimal adalah 23 hari.

Kata Kunci: Optimasi, Age Replacement, Komponen Kritis

ABSTRACT

PT.KAI is a railway transport company in Indonesia. The maintenance process carried out in Dipo is preventive maintenance. One among activities is components preventive replacement. The purpose of this research is optimizing component replacement of a locomotive ie. DE CC 201 series 99, by using age replacement model. There are 44 frequently damaged components, and by using pareto diagram, 23 component is selected as critical components. In this study, we only consider components with increasing rate of failure over time. Based on the highest rate of failure, there are  five components: four wheels and a radiator considered further in this research. Optimal solution of the model is to replace the wheel every 54 days, and to replace the radiator every 23 days.

Keyword: Optimization, Age Replacement, Critical Components



Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.