Analisis Kelayakan Usaha Pencucian Kendaraan Bermotor Studi Kasus Purwokerto Timur Jawa Tengah

Ilham Adi Nugroho, Abu Bakar, Lisye Fitria

Sari


Pertumbuhan kendaraan bermotor berdampak pada kebutuhan akan tempat cucian kendaraan, saat ini  peluang usaha cucian kendaraan bermotor cukup terbuka dikarenakan belum banyaknya pesaing yang menyediakan tempat cucian kendaraan bermotor khususnya di wilayah Purwokerto Timur. Berdasarkan survey tempat cucian yang ada di kota Purwokerto menyatakan bahwa terjadi peningkatan permintaan kebutuhan layanan mencuci kendaraan bermotor dengan bertambahnya jumlah kendaraan,  sehingga menjadi cukup alasan untuk mendirikan usaha tempat cucian. Dalam melakukan analisis kelayakan usaha cucian kendaraan bermotor ada 5 aspek yang harus dilakukan analisis kelayakan diantaranya, aspek pasar, aspek teknis, aspek legal dan lingkungan, aspek manajemen sumber daya manusia, serta aspek finansial. Langkah pertama yang harus ditentukan adalah menganalisis aspek pasar untuk menentukan data permintaan dan penawaran. Pada aspek pasar digunakan metode peramalan untuk mengetahui data permintaan dimasa yang akan datang. Aspek terakhir yang dianalisis adalah aspek finansial untuk mengetahui PP, NPV, dan IRR. Berdasarkan aspek-aspek yang dianalisis, menghasilkan kesimpulan bahwa usaha cucian kendaraan bermotor layak untuk didirikan.

Kata kunci: Peluang pasar, analisis kelayakan usaha

 

ABSTRACT

The growth of the motor vehicle will have an impact on the car wash business, this time a motor vehicle wash business opportunities open enough because not many competitors who provide vehicle washing especially in the East of Purwokerto. Based on the survey of the sink's in Purwokerto cities stating that an increase in service demand car wash, so be reason enough to set up the car wash business. In analyzing the feasibility of washing motor vehicles there are 5 aspects that have to be done including feasibility analysis, market aspects, technical, legal and environmental aspects, aspects of human resource management, and financial aspects of the methodology described in the research. The first step that must be determined is to analyze aspects of the market to determine supply and demand data. In the aspect of market for ecasting methods are used to determine the data requests in the future. The last aspectis the financial aspect is analyzed to determine PP, NPV, and IRR. Based on those aspects that have been analyzed, resulting in the conclusion that the car wash business to set up a decent vehicle.


Keywords: Market opportunities, feasibility analysis


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.