Pengukuran Performansi di PT. XYZ dengan Pendekatan MBCfPE pada Kriteria Fokus Pelanggan dan Hasil Bisnis

Wisnu Novrianto, Ambar Harsono, Sugih Arijanto

Sari


Malcolm Baldrige for Performance Excellence (MBCfPE) merupakan salah satu alat untuk meningkatkan kinerja organisasi secara keseluruhan dan terus-menerus. Pada penelitian ini dilakukan pengukuran terhadap kinerja di PT. XYZ dengan menggunakan Malcolm Baldrige for Performance Excellence (MBCfPE) khususnya fokus pelanggan dan hasil bisnis. Proses pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan penyebaran kuesioner. Dari pengumpulan data tersebut, selanjutnya dibuat profil organisasi, dokumen aplikasi proses dan hasil, review proses dengan metoda ADLI (Approach, Deploy, Learning, dan Integration) dan review hasil dengan metoda LeTCI (Level, Trends, Comparisons, dan Integration), penilaian untuk review proses dan hasil, serta penilaian keseluruhan perusahaan. Skor review proses terbagi atas dua, yaitu suara pelanggan sebesar 14,85 dan kerekatan pelanggan sebesar 13,2. Untuk skor hasil fokus pelanggan diperoleh sebesar 38,7. Skor perusahaan dari keseluruhan kriteria adalah 318,85.

Kata kunci: Pengukuran Kinerja Perusahaan, Malcolm Baldrige


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.