INTERVAL PENGGANTIAN PENCEGAHAN SUKU CADANG BAGIAN DIESEL PADA LOKOMOTIF KERETA API PARAHYANGAN (STUDI KASUS DI PT. KERETA API INDONESIA)

Yuliantin Haryanti Purwadinata

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan interval waktu penggantian komponen bagian mesin diesel dengan tingkat kerusakan yang meningkat yaitu suku cadang nozzle, diketahui waktu yang tepat dalam penggantian lokomotif agar keandalan tetap terjaga dan lokomotif beroperasi dengan maksimal. Obyek penelitian adalah selang waktu kerusakan nozzle, spesifikasi setiap nomor seri lokomotif. Penelitian dimulai dari mengklasifikasikan kerusakan kemudian mendata waktu antar kerusakan setelah itu menentukan distribusi data dan parameter distribusi yang akan digunakan selanjutnya melakukan perhitungan interval penggantian dengan menggunakan model age  replacement. Hasil analisis menunjukan bahwa interval waktu penggantian suku cadang nozzle dengan minimasi biaya total yang diusulkan 110 hari.

Kata Kunci: Kereta api, Interval Penggantian Pencegahan, Umur Penggantian

 

ABSTRACT

This study aims to determine the time interval replacement of diesel sub system component in Parahyagan rail locomotifwith an increasing failure rate that spares the nozzle, so that can be maintained and operated with a maximum locomotive. Object of this research is an interval of damage to the nozzle, the specifications of each locomotive’s serial number. Research starts from clarifying damage then record the time between failures after it determines the distribution of data and distribution parametersthat will be used subsequently perform preventive replacement interval calculations using modelage replacement. The analysis results show that interval replacement of parts nozzle with a proposed total cost minimization is 110 days.

Keywords: Train, Preventive Replacement Interval, Age Replacement


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.