Mengukur Kesuksesan Sistem Informasi Satuan Kredit Kemahasiswaan (SIMSKK) menggunakan Model DeLone McLean

SOFIA UMAROH, SABRINA AZIZA UTAMI, HASNAURA ATHAVANIA HERNAWAN, NAJWA ADINDA, EVLYN ANGELICA

Sari


Abstrak

Sistem Informasi Satuan Kredit Kemahasiswaan (SIMSKK) yang digunakan untuk mengelola aktivitas non-akademik mahasiswa dan mendukung capaian pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengukur kesuksesan implementasi SIMSKK menggunakan Model DeLone dan McLean (2003) yang mencakup kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, kepuasan pengguna, dan manfaat bersih. Data diperoleh melalui kuesioner online kepada 97 mahasiswa aktif (ditentukan dengan rumus Slovin) dan dianalisis dengan SEM-PLS. Hasil menunjukkan bahwa kualitas informasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna (t = 7,691; p < 0,001) dan kepuasan pengguna signifikan terhadap manfaat bersih (t = 26,528; p < 0,001). Sebaliknya, kualitas sistem dan layanan tidak berpengaruh signifikan. Penelitian ini menegaskan pentingnya peningkatan kualitas informasi dan layanan agar SIMSKK memberi manfaat optimal bagi mahasiswa.

Kata kunci: Model Delone dan McLean, sistem informasi kredit kemahasiswaan, SEM-PLS, kepuasaan pengguna, manfaat bersih

 

Abstract

The use of the Student Credit Information System (SIMSKK) to manage students’ non-academic activities and support learning outcomes. This study aims to measure the success of SIMSKK implementation using the DeLone and McLean Information System Success Model (2003), which includes system quality, information quality, service quality, user satisfaction, and net benefits. Data were collected through an online questionnaire distributed to 97 active students (determined using Slovin’s formula) and analyzed with SEM-PLS. Results show that information quality significantly affects user satisfaction (t = 7.691; p < 0.001), and user satisfaction significantly impacts net benefits (t = 26.528; p < 0.001). Conversely, system quality and service quality have no significant effect. The study highlights the importance of enhancing information quality and service to maximize SIMSKK benefits.

Keywords: DeLone and McLean Model, Student Credit Information System, SEM-PLS,  statisfaction, net benefits



Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alwi, Ivanisa, N. K. B., & Respati, H. T. (2023). Analisis Penggunaan Website Sistem Informasi Akademik (SIAMIK) Menggunakan Metode Delone and Mclean. CHAIN: Journal of Computer Technology, Computer Engineering, and Informatics, 1(3), 86–96. https://doi.org/10.58602/chain.v1i3.45

Bahrudin, R. R., Muzaki, M. N., & Wardani, A. S. (2023). Pengukuran Tingkat Efektifitas Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Teori Delone & MCLEAN. METHOMIKA Jurnal Manajemen Informatika Dan Komputerisasi Akuntansi, 7(1), 128–137. https://doi.org/10.46880/jmika.Vol7No1.pp128-137

Isnaeningsih, H. N., Fitriati, A., Pujiharto, P., & Astuti, H. J. (2021). The influence Quality of information, Sistem Quality and Service Quality on Satisfaction and User Performace. Jurnal Manajemen Bisnis, 12(2), Layouting. https://doi.org/10.18196/mb.v12i2.11185

Kafrawi, S., Firmansyah, R., Hartono, R., & Budiman, K. (2022). Evaluasi Sistem Informasi Keuangan Universitas Negeri Semarang Dengan Pendekatan Delone Dan Mclean. https://doi.org/10.25273/The

Kafrawi, S., Firmansyah, R., Semarang, U. N., Hartono, R., & Budiman, K. (2022). CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen. https://doi.org/10.25273/The

Kumalasari, D., Amelia, Dr., & Oliandes, Dr. (2021). Analysis Of The Effect Of System Quality, Information Quality, Service Quality, Process Quality, And Collaboration Quality To Usefulness, User Satisfaction, And Customer Loyalty Of Sociolla Application Customer In Surabaya. International Journal of Research Publications, 69(1). https://doi.org/10.47119/ijrp100691120211695

Muslim Rasmanna, P., Utami, Y., & Khairunnisa. (n.d.). Uji Validitas dan Uji Reliabilitas Instrument Penilaian Kinerja Dosen. Jurnal Sains Dan Teknologi, 4(2), 21–24.

Nurlina, D., Kaniawulan, I., & Singasatia, H. D. (2022). Quality Influence System Information Quality Service Quality On User Satisfaction And Intention To Use In Using Bjb Digi (Case Study: West Java Provincial Education Office). In JINTEKS (Vol. 4, Issue 3).

Permana, G. P. L., & Mudiyanti, N. W. (2021). Analisis Faktor Kesuksesan Implementasi Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Dengan Menggunakan Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi Diperbarui Oleh Delone Dan Mclean Di Kabupaten Gianyar. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 13(1), 75–85. https://doi.org/10.22225/kr.13.1.2021.75-85

Pulungan, L. H., Safitri, E. M., Ariputra, R. M., Firosya, A., & Widiastuti, D. P. (2023). Analisis Kepuasan Pelanggan Pada Aplikasi Waze Dengan Menggunakan Metode Delone Dan Mclean.

Raharja, D. R. B., & Rokanta, S. A. (2023). Analisis Faktor-Faktor Keberhasilan Sistem E-Learning Menggunakan Model Delone Dan Mclean. Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 240–246. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i1.12359

Rahayuningtyas, A. (2022). Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem Informasi, Dan Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi Modul Penganggaran Pada Satuan- Satuan Kerja Lingkup Pembayaran Kppn Madiun.

Sari, U. K., Setyadi, H. J., & Widagdo, P. P. (2023). Evaluasi Kesuksesan Sistem Informasi Terpadu Layanan Prodi (SIPLO) Menggunakan Model Delone Dan Mclean Pada Fakultas Teknik Universitas Mulawarman. Adopsi Teknologi Dan Sistem Informasi (ATASI), 2(1), 48–58. https://doi.org/10.30872/atasi.v2i1.536

Setyaningtyas, A. A., Jundillah, M. L., & Kamila, V. Z. (2023). Penggunaan Metode Delone dan Mclean Untuk Menganalisis Kesuksesan Mulawarman Online Learning System (MOLS). Adopsi Teknologi Dan Sistem Informasi (ATASI), 2(2), 110–118. https://doi.org/10.30872/atasi.v2i2.1057

Umaroh, S., & Barmawi, M. M. (2021). Delone and mclean model of academic information system success. EEA - Electrotehnica, Electronica, Automatica, 69(2), 92–101. https://doi.org/10.46904/eea.21.69.2.11080011




DOI: https://doi.org/10.26760/mindjournal.v10i2.206-220

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


____________________________________________________________

ISSN (Print): 2338-8323 | ISSN (Online): 2528-0902

Dipublikasikan oleh:
Program Studi Informatika, Institut Teknologi Nasional Bandung

Alamat:
Gedung 2 Informatika, Jl. PHH Mustofa No. 23, Bandung 40124, Indonesia

Kontak:
Telp: +62-22-7272215 (ext. 181) Fax: +62-22-7202892

Email: mind.journal@itenas.ac.id

______________________________

Statistik Pengunjung :

Flag Counter

  Web
Analytics Statistik Pengunjung

 Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License