Ketercapaian Sasaran 4K dalam Pelaksanaan Rencana Pengamanan Air Minum (RPAM) di PDAM Tirta Dharma Kota Malang

DEWI SHANTY, RACHMAWATI S DJ

Sari


Abstrak

PDAM Kota Malang sebagai sarana penyedia air minum di Kota Malang, diharapkan mampu mencapai target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, yaitu akses terhadap air minum mencapai 100% di tahun 2019. Upaya yang dapat dilakukan untuk mencapai target tersebut, yaitu melalui Rencana Pengamanan Air Minum (RPAM), dengan memperhatikan sasaran aspek 4K (kualitas, kuantitas, kontinuitas, dan keterjangkauan). Sasaran 4K tersebut, yaitu K1 sebagai acuan air minum yang layak dikonsumsi, K2 sebagai jumlah air minimum yang dikonsumsi masyarakat dengan memperhitungkan kehilangan air, K3 sebagai acuan pengaliran tak terputus selama 24 jam, dan K4 sebagai kesanggupan masyarakat untuk membayar harga air sesuai dengan tarif air yang telah diberlakukanberdasarkan peraturan yang dipersyaratkan. Hasil evaluasi menunjukkan PDAM Kota Malang telah mencapai sasaran 4K dan mampu melaksanakan RPAM. Hal tersebut didukung oleh sistem online yang telah dikembangkan untuk menjamin keamanan pendistribusian air minum kepada masyarakat.

Kata kunci: PDAM Kota Malang, RPAM, Sasaran 4K

 

 

Abstract

PDAM Kota Malang as a drinking water supply in Malang City, is expected to reach the target of National Medium Term Development Plan (RPJMN) 2015-2019, that is access to drinking water reaches 100% in 2019. The efforts that can be conducted to achieve the target through the Drinking Water Security Plan (RPAM), by focusing on 4K aspects(quality, quantity, continuity and affordability). The 4K aspects, such as K1 as a reference for drinking water that is suitable for consumption, K2 as the minimum amount of water consumed by the community taking into water losses, K3 as a reference for uninterrupted for 24 hours, and K4 as the ability of the community to pay the price of water based on the regulations required. The evaluation results show that PDAM Kota Malang reached the 4K aspects and be able to implement RPAM. This is supported by an online system that has been developed to safe the distribution of drinking water to the public.

Keywords: PDAM Kota Malang, RPAM, 4K Aspects



Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adiyanti, Dewi. (2016). Identifikasi Resiko pada Rencana Pengamanan Air Minum (RPAM) Operator untuk Sumber Air Permukaan di PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung. REKA LINGKUNGAN, 4(2).

Arthana, I. W. (2007). Studi Kualitas Air Beberapa Mata Air di Sekitar Bedugul, Bali (The Study of Water Quality of Springs Surrounding Bedugul, Bali). Bumi Lestari, 7(1).

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang. (2017). Profil Perkembangan Kependudukan Kota Malang Tahun 2016. Malang: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Direktorat PU Cipta Karya. (2012). Manual Rencana Pengamanan Air Minum (RPAM)-Operator.

Farley, M., Wyeth, G., Ghazali, Z., Istandar, A., Singh. (2008). The Managers Non Revenue Water Handbook: A Guide To Understanding Water Losses. USAID.

Haq, B., dan Masduqi, A. (2014). Sistem Distribusi Air Siap Minum PDAM Kota Malang: Studi Kasus Kecamatan Blimbing. Jurnal Teknik ITS, 3(2), D182-D187.

Peraturan Daerah Kotamadya Tingkat II Malang No. 11 tahun 1974 tentang Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kodya Dati II Malang.

Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 71 Tahun 2016 tentang Perhitungan dan Penetapan Tarif Air Minum.

Peraturan Menteri Kesehatan No. 492 Tahun 2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 01 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 27 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum.

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang. (2013). Laporan Rencana Pengamanan Air Minum. Malang: PDAM Kota Malang.

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang. (2016). Monitoring dan Evaluasi RPAM PDAM Kota Malang. Malang: PDAM Kota Malang.

Pratama Putra, J. (2014). Studi Kehilangan Air pada Jaringan Distribusi PDAM di Jalan Soekarno-Hatta Palembang dengan Metode DMA ( District Meter Area ). Politeknik Negeri Sriwijaya.

Puri, D. K. (2015). Implementasi Strategi Perusahaan Daerah Air Minum dalam Peningkatan Pelayanan Pendistribusian Air (Studi pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik, 3(12), 2133-2138.

Suryo, Bagus. (2018). ‘PDAM Kota Malang Raih Top PDAM 2018 dan Top BUMD 2018’, Media Indonesia, 3 Mei.




DOI: https://doi.org/10.26760/rekalingkungan.v8i2.112-120

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Terindeks:

 

Statistik Pengunjung