Desain Interior Terminal Tipe A di Era New Normal dengan Konsep Futuristik di Surakarta

Nabila Febi Aryani

Abstract


Terminal adalah  satu dari sekian fasilitas umum yang berfungsi sebagai sarana pemberhentian sementara (transit) bagi  angkutan darat menuju moda angkutan lain. Di situasi pandemi saat ini, banyak tempat umum yang ditutup untuk mengurangi penyebaran virus COVID-19. Oleh karena itu, banyak terminal yang mengalami penurunan jumlah pengunjung diikuti moda transportasi yang mengalami penurunan jumlah penumpang. Desain Interior Terminal Tipe A di Era New Normal dengan Konsep Futuristik di Surakarta merupakan proyek desain interior berupa bangunan terminal yang dirancang dengan menerapkan prinsip new normal serta menggunakan konsep desain futuristik yang berlokasi di Kota Surakarta. Proyek terminal ini dirancang dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan desain yang mendesak, yaitu desain fasilitas umum yang mampu menerapkan protokol kesehatan. Perancangan ini dilakukan melalui observasi pada Terminal Tirtonadi dan Terminal  Pulogebang untuk mengetahui permasalahan pada fasilitas terminal bus saat ini. Konsep New Normal bertujuan untuk membantu masyarakat agar tetap dapat menjalankan aktivitas secara aman dan nyaman baik di masa pandemik  maupun masa mendatang dengan perlindungan dan tindakan pencegahan terhadap berbagai wabah penyakit  dengan  lebih baik lagi.


References


Kota Surakarta. 2012. Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 1 Tahun 2012 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Surakarta Tahun 2011 – 2031. Walikota Surakarta: Surakarta.

Menhub RI. 2015. Peraturan Menteri Perhubungan No.132 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Teminal Penumpang Angkutan Jalan. Jakarta.

Rainey, L., Poggi, C., & Wittman, L. (Eds.). 2009. Futurism: An Anthology. Yale University Press.




Alamat Redaksi dan Tata Usaha:

Program Studi Desain Interior FAD Institut Teknologi Nasional Bandung
Gedung 1 Lantai 1
Jl. PHH. Mustapa 23 Bandung 40124
Tlp. 022-7272215, Fax. 022-7202892,
e-mail: rekajiva@itenas.ac.id