ANALISIS STRESES, DISPLACEMENT DAN SAFETY FACTOR PADA RANGKA MOBIL LISTRIK JEEP MINI SYS-8

muhammad bayu ardiansyah, Mochamad Choifin

Sari


Mobil listrik memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan mobil bahan bakar fosil. Beberapa di antaranya adalah bahwa mereka menghemat lebih banyak bahan bakar, lebih ramah lingkungan, lebih tahan lama, dan memiliki mesin yang lebih sederhana. Motor listrik kendaraan ini mengandalkan energi listrik dari baterai, memberikan solusi inovatif untuk mengurangi polusi udara dan menyederhanakan konstruksi mesin. Meskipun memiliki keunggulan, mobil listrik tetap membutuhkan rangka yang kokoh dan kuat untuk mendukung beban kendaraan secara keseluruhan. Sangat penting bahwa rangka ini memenuhi standar kekuatan, ringan, dan kelenturan yang ideal. Penelitian ini bertujuan merancang rangka mobil sebagai dasar untuk bodi kendaraan, sistem kemudi, mesin dan komponen-komponen lainnya. Penelitian dilakukan dengan metode pengembangan (Research Development) menggunakan perangkat lunak Solidwork 2023 yang mampu membuat model dalam bentuk gambar 3 dimensi. Untuk pengujian safety factor pengujian bagian lantai penumpang memiliki nilai angka keamanan 437.7 sedangkan pada bagian tempat aki memiliki nilai 7.42 keamanan yang di mana nilai keamanan untuk industri yaitu 4.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


M. Aziz, Y. Marcellino, I. A. Rizki, S. A. Ikhwanuddin, and J. W. Simatupang, “Studi Analisis Perkembangan Teknologi Dan Dukungan Pemerintah Indonesia Terkait Mobil Listrik,” TESLA J. Tek. Elektro, vol. 22, no. 1, p. 45, 2020, doi: 10.24912/tesla.v22i1.7898.

Kurnia Alfi and Sudarti, “Efek Rumah Kaca Oleh Kendaraan Bermotor,” J. Pendidik. Fis. dan Sains, vol. 4, no. 2, pp. 1–9, 2021.

M. Adriana, A. A. B.P, and M. Masrianor, “Rancang Bangun Rangka (Chasis) Mobil Listrik Roda Tiga Kapasitas Satu Orang,” J. Elem., vol. 4, no. 2, p. 129, 2017, doi: 10.34128/je.v4i2.64.

M. Choifin, “Analisis Displacement Dan Tegangan Von Mises Rangka Mobil,” vol. 5, pp. 31–35, 2022.

A. Diinil Mustaqiem, “Analisis Perbandingan Faktor Keamanan Rangka Scooter Menggunakan Perangkat Lunak Solidwork 2015,” J. Tek. Mesin, vol. 9, no. 3, p. 164, 2020, doi: 10.22441/jtm.v9i3.9567.

E. A. Nugroho, “Desain Dan Analisis Rangka Mesin Pencacah Limbah Plastik Menggunakan Software Solidworks,” J. Ilm. Multidisiplin, vol. 2, no. 02, pp. 119–124, 2023, doi: 10.56127/jukim.v2i02.860.

S. Hastuti, W. Ramadhani, and N. Mulyaningsih, “Analisis Kekuatan Pada Rangka Sepeda Motor Listrik,” Politek. Manufaktur Ceper, vol. 5, no. 2, pp. 1–11, 2022.

D. Hernady, Y. D. Lesmana, and A. Sahidannadhar, “Rancang Bangun Alat Penumbuk untuk Pembuatan Emping Melinjo Untuk mengetahui kekuatan dari biji melinjo , dilakukannya pengujian dengan cara menjatuhkan,” vol. 03, no. 02, pp. 135–145, 2024.

M. A. Mahardika, M. P. Sirodz, and M. I. Ismawan, “Rancang Bangun Rangka Kendaraan Penyemprot Hama Otomatis,” J. Rekayasa Energi dan Mek., vol. 1, no. 2, p. 65, 2021, doi: 10.26760/jrem.v1i2.65.

H. Abbas and D. Juma, “Analisis Pembebanan Rangka Chassis Mobil Model Tubular Space Frame,” J. Teknol., vol. 15, pp. 96–102, 2020.

M. Sariski, D. Ellianto, and Y. E. Nurcahyo, “Rancang Bangun dan Simulasi Pembebanan Statik pada Sasis Mobil Hemat Energi Kategori Prototype,” vol. 4, no. 2, pp. 53–58, 2020.




DOI: https://doi.org/10.26760/JREM.v5i1.1

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


_______________________________________________________________________________________________________________________

ISSN (elektronik) : 2775-8087

diterbitkan oleh :

Teknik Mesin Institut Teknologi Nasional Bandung

Alamat : Gedung 11 Jl. PHH. Mustofa 23 Bandung 40124

Kontak : Tel. 7272215  Fax. 7202892

Surat Elektronik : jurnal.mesin@itenas.ac.id

_________________________________________________________________________________________________________________________

Flag Counter

Lihat Statistik

Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License