Pedestrian Jalan Slamet Riyadi Surakarta Sebagai Pendukung Sustainable Development Goals

Febrione Putri Rakhmanty

Sari


Salah satu target Sustainable Development Goals (SDGs) adalah penyediaan akses universal terhadap ruang publik yang aman, inklusif dan mudah diakses. Dikaitkan dengan target tersebut maka peran ruang-ruang terbuka dalam kota termasuk jalur pedestrian menjadi krusial dalam pencapaian SDGs. Sebagai jalur pedestrian terpanjang di Kota Surakarta maka peran jalur pedestrian Jalan Slamet Riyadi menjadi penting demi mendukung terwujudnya target dari SDGs di Kota Surakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kondisi fisik jalur pedestrian Jalan Slamet Riyadi saat ini telah mendukung penyediaan akses universal terhadap ruang-ruang publik yang aman, inklusif dan mudah diakses, dan hijau, terutama bagi perempuan dan anak-anak, manula dan orang dengan disabilitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik. Melalui metode ini peneliti akan melakukan survey langsung untuk mengetahui kondisi terkini sebenarnya di lokasi penelitian dihubungkan dengan variable-variabel yang mendukung SDGs. Berdasarkan hasil analisis akhir, diketahui bahwa dalam eksisting fisik jalur pedestrian Jalan Slamet Riyadi Surakarta saat ini dalam kondisi baik walaupun masih terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki untuk menunjang pengguna, sementara itu dari segi pemanfaatan saat ini jalur pedestrian tersebut tidak hanya digunakan oleh pejalan kaki, penyandang disabilitas ataupun pesepeda, namun juga sebagai lahan parkir dan akses kendaraan roda empat maupun roda dua.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Development, I. N. (2017). Sustainable Development Goals. Retrieved November 18, 2022, from Sustainable Development Goals: https://www.sdg2030indonesia.org

Harsono, K., Arsandrie, Y., & Setiawan, W. (2013, Januari). Identifikasi Kenyamanan Pejalan Kaki di City Walk Jalan Slamet Riyadi Surakarta. Sinektika, 33-42.

Jou, K. K. (2011). Pedestrian Areas and Sustainable Development. International Journal of Architectural and Environmental Engineering, 5, 228-235. Retrieved from waset.org/Publication/14242

Krisnawati, E. (2013). Studi Keberadaan City Walk Terhadap Fungsi Peruntukan. Jurnal Teknik Sipil dan Arsitektur.

Marga, D. P. (1996). Tata Cara Perencanaan Teknik Lansekap Jalan. Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga.

Mauliani, L., Purwantiasning, A. W., & Aqli, W. (2013, Juli). Kajian Jalur Pedestrian Sebagai Ruang Tebuka Pada Area Kampus. NALARs, 12, 1-7.

Mauliani, L., Purwantiasning, A. W., & Aqli, W. (2014). Designing Better Environment by Providing Pedestrian Way For Pedestrian. International Conference Green Architecture for Sustainable Living and Environment (pp. 80-93). Jakarta: Elsevier.

Mulyadi, M., Lestari, T. R., Alawiyah, F., Wahyuni, D., Astri, H., Martiany, D., . . . Qodriyatun, S. N. (2015). Pembangunan Berkelanjutan: Dimensi Sosial, Ekonomi, dan Lingkungan. Yogyakarta: Pusat Pengkajian, Pengolahan Data dan Informasi (P3DI).

Rakyat, K. P. (2018). Pedoman Perencanaan Teknis Fasilitas Pejalan Kaki. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Setyowati, E., Harani, A. R., & Falah, Y. N. (2013). The Application of Pedestrian Ways Design Concepts as an Implementation of Sustainable Urban Open Spaces. ASEAN Conference on Environmental-Behaviour Studies, "Cultural Sustainability in the Built and Natural Environment" (pp. 345-355). Hanoi: Elsevier.

Shalihati, S. F. (2015, Oktober 2). Mempertahankan City Walk di kota The Spirit of Java. Retrieved November 18, 2022, from Kompasiana: https://www.kompasiana.com/sakinahfs/560bffcb9397734c0c95011e/mempertahankan-city-walk-di-kota-the-spirit-of-java

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surakarta, P. K. (2020, Januari 8). Pemerintah Kota Surakarta. Retrieved November 18, 2022, from Pemerintah Kota Surakarta: https://surakarta.go.id/?p=15359




DOI: https://doi.org/10.26760/terracotta.v5i1.8841

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN elektronik 2716-4667

Diterbitkan oleh :

Program Studi Arsitektur,  Institut Teknologi Nasional Bandung

Alamat :  Gedung 17 Lantai 1 Jl. PHH. Mustofa 23 Bandung 40124

Kontak : Tel. 7272215 (ext. 151) Fax. 7202892

Email : terracotta@itenas.ac.id


Terindeks :

 


Didukung Oleh :

     


Kerja Sama :

aptari    IAI-Jawa Barat



Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License