Analisis Pengelolaan Limbah Berbahaya Dan Beracun (B3) Di PT. X.

Artauli Simbolon, Andika Munanda

Sari


ABSTRAK
Limbah berbahaya dan beracun merupakan limbah yang mengandung zat, energi atau komponen yang karena sifat, kadar, dan konsentrasinya dapat menyebabkan pencemaran atau kerusakan lingkungan dan membahayakan kesehatan serta kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lain. PT. X merupakan salah satu industri yang bergerak dalam pembuatan pulp yang dalam prosesnya menghasilkan limbah berbahaya dan beracun. Tujuan pembuatan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis dan jumlah limbah berbahaya dan beracun (B3) yang dihasilkan oleh industri tersebut serta menganalisis pengelolaan limbah B3 yang diterapkan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi secara langsung, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menyesuaikan sistem pengelolaan limbah B3 di PT. X dengan peraturan yang berlaku. Berdasarkan hasil dan pembahasan, sistem pengelolaan limbah B3 yang diterapkan oleh PT. X secara umum telah sesuai dengan regulasi yang meliputi pengurangan, penyimpanan, pemanfaatan dan penimbunan. Namun pengumpulan, pengangkutan dan pengolahan limbah Berbahaya dan beracun (B3) yang dihasilkan diserahkan kepada pihak eksternal.

Kata kunci: Limbah B3, pengelolaan limbah , regulasi

 

ABSTRACT
Hazardous and toxic waste is waste containing substances, energy, or components which due to their nature, level and concentration can cause environmental pollution or damage and endanger the health and survival of humans and other living creatures. PT. X, a pulp manufacturing company produces harmful and hazardous waste during its manufacturing processes This research aims to identify the type and quantity of hazardous waste produced by the company, as well as to evaluate their waste management Data collection methods used are direct observation, interviews, literature study and documentation. Data analysis was carried out by adjusting the hazardous waste management system at PT. X is sustainable with applicable regulations. Based on the results and discussion, the B3 waste management system implemented by PT. X, in general, complies with regulations covering reduction, storage, utilization and stockpiling. But collection, transportation and processing of hazardous waste that is handed over to external parties.

Keywords: Hazardous waste, waste management, regulation


Kata Kunci


Limbah B3;pengelolaan;regulasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. P. Yudha, Warta Ekspor : Produktivitas Industri Pulp dan Kertas, Jakarta: Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, 2019.

S. Bahri, "Pembuatan Pulp dari Batang Pisang," Jurnal teknologi Kimia, pp. 26-50, 2015.

R. Fitriyanti, "Penerapan Produksi Bersih pada Industri Pulp dan Kertas," Jurnal REDOKS, pp. 16-17, 2016.

Pemerintah, Peraturan Pemerintah No 22 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia, 2021.

Pemerintah, Peraturan Pemerintah No. 14 Tahun 2013 Tentang Simbol dan Label Limbah B3, Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia, 2013.

Pemerintah, Peraturan Menteri Lingkungan hidup dan Kehutanan Nomor 06 Tahun 2021 Tentang Tata Cara dan Persyaratan pengelolaan Limbah Berbahaya dan Beracun, Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, 2021.




DOI: https://doi.org/10.26760/jrh.v7i3.218-228

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Alamat redaksi dan tata usaha:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Nasional
Fakultas, gedung 14 Lantai 3
Jl. PHH. Mustapa 23 Bandung 40124
Tlp. 022-7272215 Pes. 159, Fax. 022-7202892,
e-mail: hrekayasa@itenas.ac.id


Terindeks:

   


 STATISTIK PENGUNJUNG
Flag Counter
 

Lihat Statistik

Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License